Gue dan Linux Mint


Hari ini hari pertama kalinya gue mencoba linux mint 12 (lisa), setelah gue download DVDnya yang lumayan gede dan gue install di laptop kesan pertama wah, ternyata langsung jatuh hati distro linux yang satu ini. Selain karena tentunya gratis dalam paket DVD juga sudah lengkap dengan aplikasi yang sering kita butuhkan di windows.

Mungkin sebagian besar yang ada di fikiran kalian bagi yang belum tau apa itu linux, distro linux dll bertanya-tanya, "apa itu Linux?"
Ok, disini gue jelasin dikit Linux merupakan sebuah Sistem Operasi simpelnya sistem operasi sendiri itu yang menjembatani antara hadrware dengan user. Kalian juga pasti udah tau atau minimal pernah denger dan pakai komputer/laptop yang menggunakan OS Windows XP, atau Windows 7, nah Linux juga seperti itu, Linux merupakan sistem operasi.

"Mengapa menggunakan Linux??" Jawaban sederhanya yaitu, Linux itu free, jadi dengan memakai Linux kalian gak perlu merasa was-was terkena razia software bajakan, gak seperti sistem operasinya Microsoft, windows yang merupakan software komersil jadi kalau kalian ingin memakai musti beli.
Contohnya windows 7 ultimate yang harganya berkisaran dua juta rupiah, tentu harga ini sangat mahal bagi sebagian kita. Parahnya lagi kita tanpa sadar dan tanpa mau tahu sistem operasi yang ada di dalam PC kita merupakan sistem operasi bajakan.

Lalu mungkin kalian bertanya lalu mengapa kalau saya memakai sistem operasi bajakan? toh kan sama aja? Jawabannya adalah tentu tidak, kalau kalian beli software original kalian dapat suport langsung dari pembuat softwarenya berbeda kalau kalian memakai yang bajakan bedanya kalau bajakan rentan disusupi sama program jahat contohnya aja virus dkk. Tentu saja kalau pake siftware bajakan kalian berarti udah melanggar hukum dan bisa kena pdana (hi..serem kan?) 

Di linux sendiri selain free, tingkat kemanannya lebih baik ketimbang windows walaupun semua tergantung sama pengguna atau usernya dan hebatnya lagi hampir semua server-server rakasasa di dunia memakai linux loh seperti Google, Facebook, Twitter, bahkan server Microsoft sendiri memakai linux :)

Di dalam dunia per-linux-an terdapat istilah distro, distro merupakan singkatan dari distribusi ada bermacam-macam distro linux diantaranya yang paling populer ada Ubuntu, Fedora, OpenSuse dan sekarang yang lagi naik daun yaitu Linux mint.

Gue sendiri sempat bingung memilih distro yang mana yang mau dipakai, gue udah pernah nyoba ubuntu, fedora, dan sekarang gue nyoba menggunakan Linux mint yang menurut gue simpel dan elegan banget seusai sama semboyannya "From Freedom Came Elegance" .

Yukmari kita menggunakan Linux, tetapi gue gak melarang menggunakan OS yang lain seperti Windows asal punya cukup uang membeli yang Original. Tetapi apakah kalian tidak berfikir jika ada yang lebih bagus dan gratis kenapa tidak???
Why Not??

So, kalian udah pada coba belum nih?
Previous
Next Post »
Terima kasih sudah berkomentar, semoga akan dihitung sebagai amal kebaikan ketika hisab di hari akhir nanti. Apasih. Terserah, tapi sempetin komeng ya kalau bisa :)
© 2015 Lalank Pattrya Mahera. Design by Kiki Dee