APA ITU LINUX Eps 2 ?




    Saat ini lisensi Linux dipegang oleh penyusun kernelnya pertama kali, LINUS TORVALDS. Untuk menelusuri asal mulanya, kembali ke tahun 1991. Di Suoen Tasavalta, Republik Finlandia, seorang mahasiswa bernama LINUS TORVALDS mengikuti mata kuliah Unix dan bahasa pemrograman C. Saat itu TORVALDS menggunakan sistem operasi mini berbasiskan Unix bernama Minix. Ia merasa bahwa Minix mempunyai banyak kelemahan, dan Ia berkeyakinan mampu untuk membuat lebih baik dari itu. Di usia 23, Ia mulai mengotak-atik kernel Minix dan menjalankannya di mesin Intel x86. Pada Oktober 1991, Torvalds mempublikasikan sistemnya yang baru dan relatif sudah stabil ke newsgroup. Dia menawarkan untuk mempublikasikan kode sumbernya dan mengundang para developer lain untuk mengembangkannya bersama-sama. Sejak saat itulah Linux berkembang, dan merubah wajah dunia komputasi hingga saat ini.

    Linux adalah sistem operasi berbasis UNIX yang dapat berjalan di berbagai macam perangkat keras terutama di PC berbasis Intel x86. Dikatakan berbasis UNIX karena Linux dikembangkan menurut standar yang dimiliki UNIX dan kemampuan yang sama dengan UNIX. Artinya Linux memiliki kemampuan baik sebagai server maupun workstation layaknya UNIX.
    Pada awalnya Linux hanya berjalan di platform Intel x86 termasuk AMD Cyrix dan lainnya. Namun seiring dengan berkembangnya jumlah pengguna Linux dan para pengembangnya maka sekarang Linux telah berjalan pula pada MacIntosh (Motorolla), Sun Sparc, DEC Alpha , Amiga , strongARM dan masih banyak lagi.
    Perkembangan Linux sangat didukung oleh lisensi yang digunakan oleh Linux yaitu GNU General Public License (GNU GPL). Secara singkat GNU General Public License memungkinkan suatu aplikasi ( termasuk sistem operasi ) untuk secara bebas digunakan dan disebarluaskan dimana pengguna/penerima software berhak menerima kode asal ( source code) dari aplikasi tersebut beserta semua hak yang diijinkan oleh penulis asli. Aplikasi tersebut dapat dimodifikasi maupun digunakan dalam aplikasi lain dimana lisensi dari aplikasi perubahan/baru tetap pada GNU GPL . Penulis asli hanya bertanggungjawab pada kode asli dan tidak bertanggungjawab terhadap implikasi perubahan yang dilakukan pada aplikasi tersebut. Penyebarluasan aplikasi yang telah dirubah tetap mencantumkan penulis asli , kode asli, kode perubahan yang ditambahkan dan penanggungjawab perubahan tersebut. Dengan GPL bukan berarti tidak memungkinkan adanya komersial, paling tidak biaya dapat ditarik dari biaya kopi media distribusi. Jasa layanan seperti dukungan teknis dapat merupakan produk komersial.
    Linux adalah sistem operasi yang dikategorikan sebagai Unix-like OS (yang mirip dengan sistem operasi Unix). Sistem operasi pendatang baru (di dunia Unix) yang mulai naik pamornya pada akhir tahun 1990-an. Linux berkembang dengan sistem operasi Unik-like lainnya yang bersifat komersial seperti system V Release 4(SVR4) yang dikembangkan oleh AT&T, yang sekarang sudah diakuisi oleh Novell; BSD 4.4 dirilis oleh University of California at Barkeley (4.4BSD), Digital Unix dari Digital Equipment Corporation (sekarang Compaq); AIX dari IBM; HP-UX dari hawlet-packard, dan solaris dari sun mycrosystem.
    Linux awalnya ditulis (dikembangkan) oleh Linus Torvalds pada tahun 1991 sebagai sistem operasi IBM PC-compatible berbasiskan prosesor intel 30386. Sampai sekarang, Linus sering terlibat dalam pengembangn Linux, mengusahakan agar tetap up-to-date dengan perkembangan dengan berbagai hardware terbaru dan mengkoordinasi aktivitas ratusan Pengembang Linux dari seluruh dunia. Beberapa tahun kemudian Para pengembang telah bekerja keras untuk menjadikan Linux bisa dijalankan di arsitektur komputer lain; Alpha, Sparc, Motoraola MC680, power PC dan IBM system/390.
    Linux bukan merupakan sistem operasi komersial merupakan satu dari sekian banyak kelebihan/kekurangan yang menarik dari Linux; Source code (kode sumber) Linux dilisensikan di bawah GNU General Public Lisence (GPL), terbuka dan bebas untuk dipelajari oleh siapapun. Jika kita mendapatkan (source code)nya dari CD linux atau mendownload dari http://www.kernel.org/~ maka kita bisa mengeksplorasi secara keseluruhan sebuah sistem operasi yang modern.
    Secara teknis, Linux merupakan sebuah kernel murni Unix-Like, walaupun bukanlah suatu sistem operasi Unix yang utuh, karena Linux tidak disertai aplikasi-aplikasi lain seperti utility file system, sistem windows dan desktop grafis,perintah-perintah administrasi sistem, editor teks, compiler dan lain-lain. Tetapi dengan adanya program-program yang tersedia bebas di bawah lisensi GPL, program-program tersebut bisa di-install ke dalam file system yang disupport oleh Linux. Karena alasan ini pula beberapa pihk menilai bahwa kata “Linux” saja belum cukup untuk bisa dikategorikan sebagai sebuah sistem operasi lengkap, haruslah disebut GNU/Linux.
    SEJARAH SINGKAT LINUX
    • Linux pertama kali, yaitu Minix dibuat oleh Linus Torvalds di Univ. Helsinki, Finlandia
    • Versi pertama Linux 0.10 dipublikasikan pada November 1991
    • Pada Desember 1991, versi 0.11 dirilis
    • Pada versi 0.13 Linux sudah lebih stabil dan diubah versinya menjadi versi 0.95
    • Kini terus berkembang cepat karena source codenya disebarluaskan, dimodifikasi dan dikembangkan oleh siapa saja
    SEJARAH LOGO LINUX
    Saat itu TORVALDS sedang berjalan jalan bersama ANDREW TRIDGELL (Penyusun Sambatypeset@protect @@footnote SF@gobble@opt Samba adalah sebuah program yang memungkinkan mesin Unix (termasuk Linux) berkomunikasi dengan Windows dalam sebuah jaringan.Disebuah taman Tiba tiba TORVALDS dipatok pinguin, dan semenjak itu Ia mengalami demam selama berhari hari. Dia pikir, karakter ini cocok untuk mewakili Linux. Ia ingin pemakainya menjadi demam alias tergila-gila untuk menggunakan dan mengotak atik Linux. Dan ternyata, apa yang dibayangkannya menjadi kenyataan. Hampir setiap pemakai saat pertama kali berkenalan dengan Linux menjadi susah tidur, dan menghabiskan waktunya berjam-jam didepan komputer untuk bermain main dengan Linux.
    Visualisasi logonya dikompetisikan kepada umum lewat diskusi pada mailing list Linux Kernel. Pencetusnya adalah ALAN COX, dan logo terpilih diberi nama Tux, dibuat oleh LARRY EWING
    ALASAN MENGGUNAKAN LINUX
    Ada banyak alasan (baik yang logis maupun emosional) mengapa sebaiknya masyarakat (terlebih yang terlibat dalam dunia pendidikan) menggunakan Linux dibanding misalnya Ms Windows atau Mac Os.
    Dengan GNU GPL Linux menawarkan sebuah sistem operasi sekelas UNIX dengan biaya murah. Terutama bagi perusahaan dengan kapital kecil Linux memberi angin segar terhadap investasi perangkat lunak yang dibutuhkan.
    Dengan fasilitas yang dimiliki Linux , maka Linux merupakan alternatif sistem operasi yang patut dilihat terhadap sistem operasi lainnya seperti Windows NT, UNIX , SunOS dan lainnya. Bagi pengguna UNIX , Linux dapat menjadi personal UNIX yang digunakan sebagai sarana pemrograman termasuk pemrograman database dan X-Windows. Bagi mahasiswa, Linux merupakan sarana yang dapat digunakan untuk mempelajari lingkungan UNIX yang biasa digunakan oleh perusahaan skala besar. Bagi perusahaan skala kecil dan menengah , Linux dapat menghemat biaya investasi UNIX dengan kemampuan sama. Ingatlah selama ini jika kita menggunakan Windows yang tidak mempunyai lisensi resmi (alias bajakan) kita telah berbuat ilegal. Kenapa kata-kata Free Software tidak begitu menggema di Indonesia? Ya, karena negara kita sanagat permisif terhadap pembajakan software. Tahukan anda bila harus membeli software Visual Basic secara resmi ? sekitar $2200 Dan satu lagi, Linux versi yang baru sekarang mempunyai GUI( tampilan grafis) yang canggih dan mudah digunakan. Bahkan cukup mudah bagi pemula sekalipun. Sehingga Linux bukanlah lagi suatu barang yang menakutkan bagi pemula sekalipun.
    1. Daya beli Masyarakat Indonesia
    Harga perangkat lunak Ms Windows + Ms Office punya harga setara sebuah komputer baru. Kebiasaan 20rb untuk sekeping CD bajakan sangat nyaman, meski kenyataan sebenarnya berbeda 180 derajat.
    Oke ! untuk level sekolah atau kampus ada diskon besar lewat MSA (Microsoft School Aggrement) dan MCA (Microsoft Campus Agreement). Setelah itu ?
    Membuka toko yang memerlukan 10 PC dengan OS dan program Office sangatlah menguras kantong:) Oh ya! Mintalah diskon ke Microsoft….
    2. Sistem Close source tidak banyak berguna untuk pengembangan SDM kedepan
    Ingat waktu kecil, karena ingin tahu cara kerja mobil mainan, kita mengambil obeng dan membongkar untuk mengetahui isi dan cara kerjanya. Sistem Open Source jauh lebih memadai dalam hal ini.
    3. Keamanan
    Arsitektur Linux jauh lebih aman di banding Ms Windows. Virus, Worm, exploit jarang di jumpai di Linux. Tinggal tunggu waktu karena Linux belum populer ? Tidak juga. Arsitektur Linux memang dari awalnya didesain untuk terjun di dunia bebas Hehehe. Berbeda dengan desain awal Ms WIndows yang merupakan komputer rumahan. (PC).
    4. Kestabilan
    Sistem Operasi Linux jauh lebih stabil di banding Ms Windows. Jarang sekali terjadi crash ataupun Hang di Linux. Komputer dengan Linux dapat berjalan ratusan hari tanpa sekalipun perlu reset.
    5. Performa
    Urusan Performa Linux jauh lebih baik di banding Ms Windows. Jika pada Ms WIndows terjadi penurunan performa seiring perjalanan waktu, (jika tidak melakukan defrag contohnya, Ms Windows Anda akan macet akhirnya) maka di Linux hal ini tidak terjadi.
    6. Install On the fly
    Anda dapat mengistall hampir 100% jenis program tanpa perlu restart. Entah paket program game, office, developmnmet, semua dapat diinstall saat Komputer Anda jalan… dan tanpa perlu restart.
    7. Resource Hardware minim
    Anda dapat menjalankan Linux dalam komputer yang sudah tua sekalipun. Bagaimana jika anda meng-install Vista pada komputer PIII 450 dengan RAM 128 MB dan VGA onboard ??
    Apakah komputer anda dapat berjalan dengan nyaman ? atau jadi lebih lambat ? Bagaimana dengan Linux ? Anda bahkan dapat menjalankan Linux dengan spek hardware yang minim, bahkan dengan RAM 64 MB sekalipun.
    8. Tersedianya paket-paket program inti
    Untuk Linux, anda akan mendapatkan paket – paket program inti. Anda tidak perlu di-repotkan lagi dengan menginstall program – program inti yang perlu. Baik dari segi programming, server, maupun paket office, telah tersedia dalam beberapa distribusi Linux.
    9. “Driver less”
    Di Ms Windows, jika mempunyai suatu hardware dipastikan harus meng-install driver dari hardware tersebut agar dapat berjalan dengan baik. Hampir semua hardware standart disupport Linux tanpa perlu repot install driver “Out the box”. Mulai dari ratusan jenis printer, VGA card, Kartu jaringan, dan perangkat keras lain dapat dijalankan tanpa perlu install driver bawaan.
    10. Masa depan
    Telah terjadi peralihan penggunaan sistem operasi dari Ms Windows ke Linux. (Baik skala besar maupun kecil, Kelihatan maupun tidak). Hal ini terjadi baik di tingkat perorangan, rumah tangga, perusahaan, dan pemerintahan. Lebih baik bersiap daripada terlambat.
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
28 April 2015 at 12:56 ×

hh ternya linux pertama kali di pegang oleh LINUS TORVALDS

Selamat obat kuat dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar, semoga akan dihitung sebagai amal kebaikan ketika hisab di hari akhir nanti. Apasih. Terserah, tapi sempetin komeng ya kalau bisa :)
© 2015 Lalank Pattrya Mahera. Design by Kiki Dee