Tentang Linux dan WIndows


Banyak yang bilang n nganggap kalo komunitas ni terlalu banyak ngejelek2in n ngehina Windows n Microsoft. Ane mw bilang kalo ITU SEMUA SALAH!!! Kita semua, terutama para admin, sering mencari referensi buat comparing antara linux dengan windows. Masalahnya, kita sangat kesulitan nyari kelebihan Windows dibanding linux n itu semua FAKTA!!! kalau ga percaya, coba cari di bah gugel dengan keyword "Windows Better Linux" dan cuma ada 1 post singkat yang menyatakan windows lebih baik daripada linux dari sekian banyak post yang ada. Sekali lagi, ini semua FAKTA!!!Okeh, mari kita bikin semua ini fair n mengesampingkan opini2 yang ada di dunia maya. let's compare antara windows dan linux berdasarkan opini pribadi dari ane supaya pengguna windows ga terlalu merasa terpojokan n pengguna linux ga terlalu berbangga diri. Karena apa?? karena semua di dunia ini berpasang2ang. Ada baik, tentu ada buruknya. Tidak ada yang sempurna selama itu buatan manusia. Stujukah,gan???okeh, tanpa basa basi lagi, ane kemukain opini ane...

1. Linux

linux tuh sebenernya merupakan kernel yang dbangun oleh Om Linus Torvald di taun 1991. Jadi, jika kita menemukan Ubuntu, Fedora, Linux Mint, OpenSuSE, dll itu sebenernya merupakan distribusi dari kernel linux (ato disingkat distro linux). Distro2 linux ini hadir dengan prinsip opensource yang kental (kecuali Linux Mint yang agak preman.. hahahahaa) sehingga segala yang tidak berbau opensource (bahkan walaupun itu bersifat free) tidak akan dimasukkan ke dalam package instalasi distro linux. oleh sebab itu, banyak ketidak-kompatibelan jika memakai linux akibat prinsip tadi (contohnya codec mp3, tetep linux mint jadi pengecualian). Linux dan semua distronya sangatlah ketat dalam mengamankan data dari pengguna yang tidak berhak. Maka dari itu, jangan kaget jika setiap akan merubah pengaturan atau mengakses data akan muncul kotak password. permission pada linux sangat ketat, sehingga data2 yang ada bisa kita lindungi secara maksimal.


Okeh, mungkin akan terlalu lama klo ana ngejelasin semuanya. Beberapa kelebihan linux adalah sbg brkt :

  • sulit terkena virus, karena aplikasi sering terganjal masalah permission n semua instalasi program harus melalui terminal.
  • keamanan tinggi. bukan berarti karena opensource maka keamanannya mudah dibobol. terbukti dengan dipakainya linux pada banyak server web (top 50 semua pake linux n BSD).
  • performa tangguh. tebukti linux bisa hidup terus selama 5 taun tanpa direstart. juga dari 500 superkomputer tercepat di dunia, 497 menggunakan linux dan sisanya BSD.
  • sekali instal, semua sudah tersedia. mulai dari driver hingga aplikasinya. terutama yang berbentik DVD, lengkep banget package instalasinya.
  • Update cepet. pagi ketemu bug ato kelemahan, sore ato malemnya dah ada patch repairnya.
  • dukungan komunitas yang luas. kalo terganjal masalah, bukan bingung nanyanya. tapi, bingung mau nanya ke forum mana aja gara2 terlalu banyak forum yang ngebahas linux n resolving masalahnya.
  • gratis. hehee,ni dia yang ane suka... ga perlu dijelasin klo ni mah..

dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, buka berarti linux hadir tanpa kelemahan. kelemahan linux yang paling menonjol adalah tingkat kesulitannya yang tinggi sehingga menyulitkan orang awam dalam menggunakannya. sebagai contoh, satu aplikasi tidak bisa berdiri sendiri. terkadang dia membutuhkan library dari aplikasi lain agar bisa berjalan mulus. akhirnya, kita harus donlot lagi package yang dibutuhkan. hal ini menyebabkan kesulitannya semakin tinggi untuk komputer offline. belum lagi proses instalasi yang harus berurutan antara satu package dengan package lain. tentunya hal ini sangat menyulitkan bagi pengguna baru (apalagi yang baru belajar komputer).

2. Windows

windows pertama muncul dengan Windows 3.1 nya langsung meledak di dunia karena windows satu2nya kernel yang ga "nyontek" dari unix. linux pun sbenernya beda jauh ma unix, tapi pengoperasiannya masih mirip ma unix. windows laen, dia bener2 baru dalam hal pengoperasian. mungkin "keturunan" unix yang masih berjaya sampai saat ini adalah Apple. windows hadir dengan menawarkan kemudahan dalam pengoperasian. konsep interaksi manusia dan komputer sangat diterapkan pada konsep antarmuka windows. tak heran, windows merupakan pilihan paling trend bagi pengguna komputer. akibatnya, rilis terbaru dari versi windows selalu ditunggu oleh para penggunanya. Hingga artikel ini dibuat, versi windows terbaru adalah Windows 7 dan rilis berikutnya adalah Windows 8. dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, windows menjadi top OS yang memiliki paling banyak user.

Beberapa kelebihan Windows adalah sbg brkt :

  • bersifat user friendly, walaupun linux dah menerapkan konsep ini, namun kalah saing akibat kalah jam terbang dibanding windows. windows sudah dari dulu menerapkan konsep ini sehingga user tidak begitu kebingungan dengan GUI yang ditawarkan oleh windows.
  • dukungan aplikasi pihak ketiga. pasti sudah pada ngerti kan, banyak vendor perangkat lunak yang aplikasi buatannya dikhususkan untuk windows sehingga pengguna memiliki banyak pilihan aplikasi favorit.
  • instalasi yang sangat mudah karena yang harus dilakukan dalam menginstal aplikasi hanya double klik, next,accept,next,,, instal, restart, dan pake..
  • familiar, karena windows bisa ditemukan hampir dimana saja akibat penggunanya yang banyak.

nah, tetep. dengan kelebihan yang ditawarkan, windows juga punya banyak kelemahan terutama di sisi keamanan. coba kita hitung, berapa juta varian virus, worm, dll yang menginfeksi windows?? jawabannya adalah 400 jutaan. beruntung itu bukan merupakan hitungan spesifik, tetapi jumlah jenis serangan akibat virus dan worm dari berbagai varian yang eksis. terus gimana ngatasinnya?? pake antivirus. banyak yang gratis, cuma ga sebagus yang beli. nah, ini juga salah satu kelemahan windows yaitu windows hanya bisa dipakai orang berduit. sekarang mari kita hitung sebuah komputer dengan perangkat lunak di bawah ini :

- Windows Xp : Rp. 800.000an
- Antivirus (rata2) : Rp. 150.000an
- Office (Student Edition) : Rp. 233.333an (promo 670.000/3pc)
- TuneUp : Rp. 183.000an (promo 549.000/3pc)
- winrar : Rp. 283.000an

jadi jumlah semuanya Rp. 1.649.333an. itu belom diitung kalo d kompi diinstal photoshop, corel, delphi, VB, Nero, office professional, dll. berapa juta lagi yang mesti kita keluarin?? mungkin ada alternatif laen yaitu dengan pake aplikasi freeware. masalahnya, ga semua ada freewarenya. ato dengan alternatif lain yang lebih mudah lagi, yaitu "NGEBAJAK" heheheheee...

Nah, itulah opini pribadi ane mengenai 2 OS paling laku di dunia (kenapa apple ga dimasukkin?? jujur aja, ane g tau banyak ttg apple.. heheheheee). sekarang up 2 u deh mu pilih yang mana. sesuaiin semuanya ma kebutuhan. jangan ampe beli windows plus aplikasinya yang mahal2 tapi kompinya cuma buat maen solitare ma pinball doang. atau jangan pilih linux jadi OS di kompimu kalo lingkungan kerjamu pake windows ato kamu ga punya waktu buat belajar OS laen.

akhir kata, ga ada perang ledek antara windows dan linux. semua menawarkan kemudahannya masing2. masalahnya sekarang adalah bisa ga kita milih OS yang bener2 cocok ma kita dari sisi fasilitas, kemudahan, kompatibilitas, hingga masalah kantong?? ya itu semua mesti dijawab masing2,gan.. hehehee...

pesen dari ane, jangan fanatik n munafik ya.... (^_^)v

wassalam.
Previous
Next Post »
Terima kasih sudah berkomentar, semoga akan dihitung sebagai amal kebaikan ketika hisab di hari akhir nanti. Apasih. Terserah, tapi sempetin komeng ya kalau bisa :)
© 2015 Lalank Pattrya Mahera. Design by Kiki Dee