Ngbrol Ringan FOSS & Linux


Ah, dah lama banget ne sob gk update blog ini...
Mari kita hidupkan lagi dengan menulis, membaca dan berkomentar..
Kali ini kita bahas tentang FOSS lagi...
Ups, ada yang masih belum kenal sama FOSS?
FOSS itu kepanjangan dari Free and Open Source Software kalo diartikan itu artinya software gratis dan bebas, gitulah artinya..hehehe
Wah enak tuh udah gratis bebas lagi mau dikopi-kopikan ke temen , tetangga, bos, pacar, dll gk bakal kena dosa n razia software...
Iya memang enak dan mak nyuss rasanya..heheh, Apalagi orang indonesia suka yang gratisan ..huhu (termasuk saya sepertinya)...
Hem, berbicara FOSS mungkin yang cepat ada di fikiran kata-kata linux.. ya begitulah.
Linux dah terkenal dengan Open Sourcenya..
Ngomong-ngomong apaan itu yah Open Source (kode/sumber terbuka)?
Uw itu artinya software Open Source itu bisa kita utak atik lagi kodenya menjadi software yang tambah maknyus begitu sob, berbeda dengan software Close Source yang misalkan produk om gates (microsof) .
.
Lalu apa kelebihan Open Source( contohnya : linux) dengan Close source (contohnya: microsoft)??
hem kelebihannya begini ni sob salah satunya.. nih misalkan kita bikin dua kue..yang satu kue A dan yang satu kue B.
Nah yang kue A tidak dijual alias gratis n malah dikasihkan kode ( resep n cara pembuatannya).
Nah trus yang kue B dijual dengan harga yang lumayan tinggi untuk orang indo dan tidak di beritahukan resepnya, bahkan resepnya dijaga ketat agar tidak bocor.

Ente-ente pilih yang mana? Kalo ente ni pilih yang Kue B ane ucapin selamat karena anda sudah tidak menjadi orang indo wkwk(karena orang indo suka yang gratisan so ngapain pilih yang bayar)

Nah mending yang Kue A kan? Udah gratis dikasih resepnya lagi..

Ente semua bisa mikirin kue mana yang cepat maju n smakin enak. Pasti kue A karena setiap orang bisa ngembangin tuh resep dari pada kue B.

Yapz kira-kira begitulah penggambaran Linux yang digambarkan dengan filosofi kue A.

Linux cepat maju dikarenakan itu tadi, setip orang bebas mengembangkannya jadi programernya ada di seluruh dunia dan mungkin juga ente-ente termasuk salah satunya.
Hal ini sangat berbeda dengan contohnya microsoft yang programernya hanya orang-orang yang bekerja di microsoft itu saja.

Nah oleh karena itu yuk kita gunakan FOSS, kita ajak mulai temen kita, sahabat ato siapa aja deh, mari kita melek IT, kita hilangkan penjajahan software berbayar tetapi tidak dengan cara membajak.

Previous
Next Post »
Terima kasih sudah berkomentar, semoga akan dihitung sebagai amal kebaikan ketika hisab di hari akhir nanti. Apasih. Terserah, tapi sempetin komeng ya kalau bisa :)
© 2015 Lalank Pattrya Mahera. Design by Kiki Dee