Cerdas, Mahasiswa Malang Bentuk Kampung Inggris

MALANG–MICOM: Komunitas mahasiswa berbagai perguruan tinggi di Kota Malang, Jawa Timur, tergabung dalam Sanggar Malang Sinau berbagi kepintaran membentuk kampung Inggris.
Mereka melakukan kegiatan mencerdaskan siswa SD, SMP, dan SMA/SMK, termasuk orangtua, dengan membekali materi pendidikan Bahasa Inggris, matematika, lingkungan, dan kesehatan.
Bahkan, pendidikan agama dan pemberdayaan ekonomi juga digarap secara serius merambah sampai dengan tingkat rukun tetangga (RT) di setiap kelurahan.
Koordinator Divisi Pendidikan Sanggar Malang Sinau Sahril Landare, Kamis (4/10), mengatakan mahasiswa yang terlibat aktif di komunitas ini diantaranya Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang (dulu IKIP Malang), Universitas Islam Malang, Universitas Merdeka, Universitas Kanjuruhan, Universitas Muhammadiyah Malang, dan IKIP Budi Utomo.
Kegiatan positif sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat itu sudah dilakukan sejak 2010. Awalnya, kelompok diskusi mahasiswa melakukan pembinaan melalui kursus kilat Bahasa Inggris di kawasan Kecamatan Dinoyo atau lingkungan sekitar kampus.
Kemudian, mereka merambah luas menjangkau seluruh kecamatan setelah difasilitasi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang Hery Pudji Utami.
Saat itu, Hery melihat langsung pengabdian mahasiswa di Kecamatan Kedungkandang dalam mengajari siswa SD agar mahir berbahasa Inggris. Selanjutnya dikembangkan dengan digabungkan dengan program PKK Malang berbagi pintar.
Sanggar Malang Sinau yang di dalamnya mahasiswa aktif dan alumni perguruan tinggi di Malang tersebut berupaya menyiapkan kampung Inggris karena Kota Malang merupakan tujuan wisata sekaligus menjadi kota pendidikan.
Mereka belajar bersama memanfaatkan Balai Rukun Warga (RW) dan gedung serba guna di masing-masing kelurahan. Buku dan modul materi pelajaran dari PKK dibagikan gratis kepada peserta kursus meliputi siswa dan orang tua.
“Kegiatan berbagi pintar ini sudah menjangkau lima kecamatan,” tegasnya. (BN/OL-5)
Previous
Next Post »
Terima kasih sudah berkomentar, semoga akan dihitung sebagai amal kebaikan ketika hisab di hari akhir nanti. Apasih. Terserah, tapi sempetin komeng ya kalau bisa :)
© 2015 Lalank Pattrya Mahera. Design by Kiki Dee