Ubuntu 13.04 code name Raring Ringtail akan dapat berjalan pada tablet (mobile)


Ubuntu 13.04 akan diberi nama “Raring Ringtail” oleh pendiri Ubuntu, Mark Shuttleworth. Nama yang cukup aneh, apa alasannya?
Raring mempunya arti “full of enthusiasm or eagerness” atau “penuh antusiasme atau semangat”, karena Mark ingin dalam 6 bulan kedepan nanti, ia sudah memiliki ponsel, tablet dan TV dengan sistem operasi Ubuntu. Ringtail sendiri merupakan hewan sejenis kucing, yang berhabitat di Amerika Utara.

Ringtail adalah sejenis hewan rakun yang memiliki ekor cincin (seperti raja julian dalam serial Penguin Madagascar). Penampakan logo Ubuntu 13.04 Raring Ringtal beserta dengan hewan maskotnya bisa anda lihat dibawah ini :
Ubuntu 13.04 Raring Ringtail
Ringtail Racoon
Sekilas Penjelasan Versi dan Nama
Memuat versi 13.04 dan namecode Raring Ringtail. Adakah yang anda tangkap dari versi dan namanya? Yap, 13.04 berarti bulan rilis finalnya. Ubuntu 13.04 akan dirilis pada bulan 4 (April) pada tahun 2013 mendatang (angka 13 didepan diambil dari tahun 2013).
Sedangkan nama kodenya, Raring Ringtail. Ringtail adalah nama hewan rakun berekor cincin. Ubuntu memang selalu menggunakan nama hewan dengan huruf abjad yang berurutan sesuai versinya. Versi LTS yang rilis bulan April lalu adalah dari huruf P, Precise Pangolin. Dilanjutkan dengan huruf Q, Quantal Quetzal. Dan yang sekarang, yang akan datang adalah R dengan namecode Raring Ringtail.
Jadwal Rilis Ubuntu 13.04 Raring Ringtail
  • 6 Desember 2012 – Rilis Alpha 1
  • 7 Februari 2013 – Rilis Alpha 2
  • 7 Maret 2013 – Rilis Beta
  • 18 April 2013 – Release Candidate
  • 25 April 2013 – Rilis final Ubuntu 13.04 Raring Ringtail
Setiap versi pasti ada fitur baru dan pembaharuan beberapa aplikasi yang sudah tertanam. Mari kita tunggu, kejutan apa yang disiapkan dalam Ubuntu 13.04 Raring Ringtail nanti.
Dapat berjalan pada tablet (mobile)

Pernahkah anda berpikir gadget anda akan menjalankan sistem operasi selayaknya PC, hal ini akan terjawab setidaknya bulan April tahun depan. Ini tidak menutup kemungkinan, karena gadget khususnya tablet yang sekarang ini telah mempunyai spesifikasi yang mumpuni. Operasi sistem yang dimaksud adalah Ubuntu, seorang Insinyur Canonical Akan mendesain Ubuntu 13.04 supaya dapat berjalan di perangkat mobile.

Hal ini bukanlah sekedar hacked ataupun oprek-oprek dari tangan yang sangat antusias menginginkan tabletnya berjalan pada OS Ubuntu. Hal ini nyata adanya, ini berawal ketika Mark Shuttleworth mengumumkan nama Ubuntu 13.04, pendiri Cannonical meminta pada para pengembang yang menghadiri Ubuntu Developer Summit berikutnya di Kopenhagen Denmark, untuk membawa tablet Nexus 7. Perangkat ini diklaimnya sebagai ‘referensi’ yang ideal.

Tim Pengembang ini akan fokus pada "metrik mobile" seperti baterai, konsumsi memori dan lainnya. Tujuannya akan menyasar supaya sistem operasi dapat berjalan pada rentang perangkar yang lebih luas. Inteface yang ada sudah cukup solid untuk dikembangkan menjadi touchscreen yang bersahabat, jadi sekarang hanya masalah pengoptimalan OS untuk perangkat touchscreen.

Tampaknya Ubuntu 13.04 akan menjadi OS pertama yang mampu berjalan di berbagai perangkat baik berbasis ARM dan x86. Selain itu, Seorang direktur  Komersial di Canonical, Viktor Palau memposting video pendek Ubuntu yang perjalan di perangkat Nexus 7. Dalam video terlihat tampilan setandar ubuntu, diharapkan nantinya akan terjadi perombakan yang memberi pengalaman lebih efisien untuk gadget.

Gambar Mascot Ubuntu 13.04 (RARING RINGTAIL)




Previous
Next Post »
Terima kasih sudah berkomentar, semoga akan dihitung sebagai amal kebaikan ketika hisab di hari akhir nanti. Apasih. Terserah, tapi sempetin komeng ya kalau bisa :)
© 2015 Lalank Pattrya Mahera. Design by Kiki Dee