Antara gue, handphone, dan pulsa...

PULSA, itu menurut gue semacam makluk ghaib yang sering kita sebut tuyul. Iya, dari namanya pasti sudah kebayang makhluk botak, nggak pakek baju, badannya kecil (setahu gue dari nonton sinetron, sih). Bedanya kalau tuyul itu yang gue tahu minta makan atau bahasa gaulnya “tumbal” berupa manusia (katanya sih!) tapi kalau pulsa tumbalnya duit buat beli :D

Gue punya cerita dulu waktu awal-awal sebelum makhluk unyu tanpa dosa bernama “handphone” booming seperti sekarang, iya kira-kira waktu gue kelas 4 SMP (*eh SD) di salah satu perguruan rendah negeri di Kalimantan, disitu awal mula keluarga gue punya benda ajaib ini. Ceritanya begini, bokap gue dulu seorang Night Rider atau Pengendara Malam istilah gaulnya, alias tukang ojek yang aktif pada malam hari maksudnyayah tau sendiri kan yang namanya tukang ojek itu gimana, mondar-mandir cari gebetan *eh penumpang, deng. 

Nah, bermula sehabis maghrib tanggal berapa gue lupa tepatnya, bokap gue pulang kerumah dengan wajah nggak biasa. Bokap nemuin nyokap gue di dapur, gue yang waktu itu masih belum tau apa-apa penasaran ikut nimbrung, wah dengan mata terbelalak #lebay gue liat handphone. Gue nanya ke bokap
    
     “Itu handphone siapa, yah?” tanya gue (sambil mau nyentuh).

     “Jangan, (sambil nepis tangan gue) itu punya orang” kata bokap gue

     “Emang ayah bukan orang?” tanya gue

     “Ya maksudnya orang lain, le,” Kata bokap gue.

     “Hemmm, (gue mengangguk)” sambil balik kekamar

Rupanya handphone tadi di umpetin sama nyokap gue di bawah tumpukan baju di dalam lemari setelah disuruh nyimpen sama bokap gue.
Sehabis kejadian tadi gue sekeluarga makan bersama, sewaktu makan gue tanya lagi ke bokap

     “Dari mana handphone tadi, yah?” kata gue

     “Tadi sewaktu ayahmu pulang nganterin orang, ayah berhenti buat pipis dibawah pohon...” kata                     bokap

     “Ayah hebat ya, cuma pipis dapet handphone” kata gue

     “ *facepalm*bukan gitu le, terus nggak sengaja ayah liat tuh handphone di deket pohon, dan ayah tengok disekitar situ juga nggak ada siapa-siapa, jadi ayah bawa pulang deh” Kata bokap gue

     “oh...begitu yah?” kata gue.

    “Iya... le, ntar habis ini temanin ayah beli kartu SIM sama pulsanya ya?” kata bokap gue

Gue yang masih dungu waktu itu nggak bisa bayangin, bentuk pulsa itu gimana sih? Terus ngisinya lewat mana? Tahu kalau itu pulsanya habis darimana? Belinya sachet-an atau …. ah, gue bener-bener polos nggak tahu apa-apa dulu. Apalagi beli kartu SIM, bukannya SIM itu buat dan nggak beli di kantor Polisi ya? Ini buat gue makin bingung aja 

Selesai makan malam, gue ikut bokap gue keluar rumah.

    "Isi pulsanya dimana, yah?" kata gue
    
    "Itu, di konter yang di deket kecamatan," jawab bokap gue

    "Baik, ayah.." kata gue (dengan wajah semangat berharap bisa ngelihat pulsa bentuknya gimana)

Sampai di kecamatan akhirnya gue sama bokap nemuin Konter isi pulsa yang waktu itu masih lumayan langka di tempat gue, kalau nggak salah cuma ada satu dikecamatan. Dulu gue kira itu tempat jualan atau warung buat ngopi gitu.
Bokap gue tanya ke penjaga konternya

    "Mas, mau beli kartu sama pulsanya. Sekalian di pasang di sini ya mas" kata bokap sambil ngasih handphone ke penjaga konternya.

    "Pulsanya yang 50 ribu aja ya mas," sambung bokap gue

Nggak beberapa lama sekitar 5 menit si penjaga konternya bilang

    "Ini pak, sudah saya pasang Kartu SIM yang baru dan sudah diisi pulsa, mohon ditunggu lagi ya pak, mungkin agak lama pulsanya masuk" kata penjaga konter itu.

Gue, dengan wajah heran tanya ke bokap
   
    "Yah, mana pulsanya? Kalau pake handphone harus punya surat ijin juga ya, yah? kok tadi ayah beli SIM baru ..." kata gue

   "Bentar lagi masuk kok pulsanya le, bukan...kartu SIM itu kartunya handphone yang ada di dalam handphone ini le, nanti pulsanya masuk ke situ.." kata bokap gue

   "Jadi, pulsa itu nggak kelihatan ya, yah? kata gue

   "Lihat aja deh ntar le," kata bokap gue

Grrrrrr, nggk beberapa lama handphone yang dipegang bokap bergetar dan meledak *eh bukan gitu* nggak, nggak ada ledakan kaya gitu, gue boong aja tadi. Bergetar terus bilang

    "Nah, ini pulsanya udah masuk le..." kata bokap sambil nunjukin layar handphone

    "Oh, ini pulsanya sudah masuk ya, yah? kata gue ngangguk-ngangguk nggak ngerti .

Iya, gue ingat banget dulu kalau kita beli kartu SIM itu harganya mahal banget, dulu juga kalau kita ngisi pulsa butuh waktu yang agak lama baru masuk ke nomor kita. 
Nominal pulsanya juga masih mahal, seingat gue dulu yang paling murah itu yang 50 ribu itu pun harganya juga mahal, gue lupa. Cara ngisi pulsa juga gue nggak ngerti, dulu yang gue tau gue serahin ke penjaga konternya terus bilang mau beli yang berapa terus ditunggu agak lama baru deh selesai.

Sekarang jaman udah berubah, hampir setiap hari kita pakai gadget yang butuh pulsa, contoh simpelnya aja sekarang ini gue lagi pake modem buat facebookan, twitteran, dan nulis blog :), dan gue yakin banget setiap modem itu butuh pulsa biar bisa di pake (gue yakin itu, kalau ada modem yang nggak pake pulsa please info ya) . Saat ini banyak cara buat ngisi pulsa ketika pulsa kita habis, bisanya gue dateng ke konter terdekat buat beli voucher pulsa elektriknya atau minta isiin langsung di konternya.

Selain itu biasanya cara praktis gue isi pulsa itu kalau sewaktu pulsa gue udah mau habis gue SMS ke temen kuliah yang jualan pulsa, besoknya gue tinggal bayar deh.
Malah sekarang ada yang super praktis lagi kalau mau isi pulsa tanpa keluar rumah, yaitu lewat internet jaman sekarang emang apa-apa lewat internet dan semua bisa terselesaikan dengan mudah, praktis banget ya tapi gue pribadi belum pernah sih beli pulsa lewat internet... Mungkin ada yang sudah pernah bisa komen dibawah sini. Bye... 




Postingan ini dalam rangka Lomba Blog Pojok Pulsa: Mau Pulsa Gratis? Follow: @pojoktweet | Facebook Page Pojok Pulsa | Pojok Pulsa Google Plus Page
Previous
Next Post »

13 comments

Click here for comments
29 May 2013 at 09:42 ×

Hehe boleh-boleh, luthu brow :D

Balas
avatar
admin
Anonymous
29 May 2013 at 12:40 ×

whaaaaw keren....

Balas
avatar
admin
29 May 2013 at 19:03 ×

aku dikon ngoment...

Balas
avatar
admin
29 May 2013 at 19:10 ×

jare aku dikon ngoment seng apikkkkk

Balas
avatar
admin
29 May 2013 at 19:44 ×

haha setuju banget gue, pulsa itu kaya tuyul. ckck.. :D
sip bro ;)

Balas
avatar
admin
29 May 2013 at 20:23 ×

Richad parker alias rizal :P hhhe ngapusi tok

Balas
avatar
admin
29 May 2013 at 20:23 ×

Chandra: thnks bro, nggak ikutan nih?? :)

Balas
avatar
admin
30 May 2013 at 04:10 ×

Solihaj pro: bisa apanya jum??

Balas
avatar
admin
Anonymous
31 May 2013 at 00:58 ×

xixixi -_-

Balas
avatar
admin
17 June 2013 at 05:08 ×

hwaaaaa makin oke aja bro punya elo.. keren keren.. hehe

Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar, semoga akan dihitung sebagai amal kebaikan ketika hisab di hari akhir nanti. Apasih. Terserah, tapi sempetin komeng ya kalau bisa :)
© 2015 Lalank Pattrya Mahera. Design by Kiki Dee