When Engineers & Scientists meet... (Lost in Surabaya)

Hi there...
Masih cakep semua hari ini?
Ok, yang udah baca judul diatas jangan kaget deh kalau isinya ntar nggak pake bahasa inggris, ntar kalau gue paksain "in english" beneran malah absurd isinya.

Kamis kemarin awal perjalanan menarik gue dimulai, gue lolos seleksi paper event pertama yang diadain kampus perjuangan (red: ITS Surabaya).
Uuuhhh yeah.. serasa jadi orang cakep (koprol, joget ala penari striptis #ngerayain)  ..
Mungkin sebagian temen ada yang udah tau atau mungkin ada peserta event tersebut yang lagi baca tulisan ini (komeng dong pliss  #maksa).

Yups, "Young Engineers & Scientists Summit"  cakep kan? Dari namanya juga sudah pasti itu acara buat insinyur dan saintis muda, jadi mungkin maaf kalau yang jurusan lain nggak boleh ikut #rasis
Datang ke Surabaya dianter sama kereta (serasa punya sendiri) nyampe stasiun gue cuss numpak Len atau bahasa kerennya angkot dan... kejadian absurd terjadi, gue lupa bilang turun di ITS, gue yang selama di angkot setengah sadar rupanya gak sadar kalau kampus ITS udah kelewat. Iya bener gue ngantuk berat di Angkot soalnya dari malem gak ada tidur, gue takut kalau tidur ntar keblablasan (eh bukan keblablasan mati loh, ) trus ketinggalan kereta. Saat gue udah kembali agak sadar rupanya udah nyampe dan nggak tau di terminal apa namanya, yang pasti gue tanya ke supir Angkotnya:

   "Bang, kampus ITS disini? (sambil mikir.... nggak, nggak mungkin yang gue tau kalau kaya gini namanya terminal)" Tanya gue

   " Yah, udah lewat mas" ... "Emang mas-nya mau kemana?" Tanya supir angkot

   "Saya mau ke ITS bang" kata gue

   "Iya ini udah klewatan mas.." kata supir angkot

   "Hyeuh, terus ini gimana bang, kalau mau ke ITS?" tanya gue

   "Hemm... naik angkot yang itu mas" Kata supir angkot sambil nunjuk kearah salah satu angkot lagi.

Oke, hari ini gue sial banget yang seharusnya gue udah nyampe di ITS buat istirahat ini malah lama dan musti bayar angkot yang tadi (huhu hambamu ini salah apa ya Allah).
Gue cabut terus ngikutin petunjuk supri eh supri, supir angkot maksdnya.

Gue baru sadar kalau udara di Surabaya ternyata panas banget, Malang sekarang yang udah panas nggak kaya dulu lagi tapi ternyata Surabaya lebih panas. Setelah gue nunggu di dalem angkot akhirnya angkotnya jalan juga. Kali ini gue pastiin ngomong ke pak supirnya dulu kalau mau turun ke ITS.

   " Bang, ITS satu bungkus (emang apa'an?) nggak, nggak. Nggak kaya gitu. Bang turun di ITS ya.. Kata gue

   " Oke mas, mau turun di Politeknik atau Perkapalannya? Tanya supir angkot

   "emh, emh *gue dengan wajah yakin dan sok tau padahal nggak tau apa-apa jawab, di Perkapalannya , Bang" . Kata gue yakin padahal bingung -_- .

   "Oh, tapi biasanya banyak mahasiswa turun di politekniknya lo mas.." kata supir angkot

   Dengan wajah sok tau lagi gue jawab:

  " Oh iya di politekniknya bang" Kata gue yakin setelah denger ucapan si supir angkot tadi.

Wah, bener bener sotoy banget gue ya??
Di tengah jalan gue dapet sms yang isinya:

"Mas, jadi kesurabaya sesuai jadwal penjemputan kemaren? kalau jadi biar saya siapkan penjemputan kedatangannya" Bayu LO mas.

Dafuq... gue narik nafas dalem dalem sambil terriak dalam hati ... maaassss kenapaaa gak SMSnya dari tadi sihh... huhuhu :'( aku kan lagi hilang dan tak tau arah jalan ke ITS, aku bagai butiran debu sekarang mas (ya, ya, ya sory gue orangnya masih alay )

Terus gue bales:
"Oh, iya mas ini sudah terlanjur naik angkot/len kok, ntar kalau udah sampai di tempat tak sms lagi".

Jujur gue dalem hati udah lumayan lega, udah ngerasa dapat secerrcah cahaya yang dapat menuntun kemana arah hidup gue sesungguhnya (iya.. sory kalau alay lagi).

  "Mas udah nyampe nih" kata supir angkot

  "Oh iya iya bang" gue turun (sambil bayar angkot) huft, (baca: Huvet) baru sadar kalau mua gue kucel banget (emang dari sononya kali)

Gue duduk di depan PENS (Politeknik Elektronik Negeri Surabaya) sambil SMS ke LO gue:

 "Mas, saya sudah sampai, tak tungguk di depan PENS"

Terus kami pun saling SMSan, PDKT, terus dia pun nembak gue (wah ini jalan ceritanya salah rupanya)

Yang bener trus Mas Bayu bales gini:

  "Oke, tunggu bentar ya. Duduk dulu disitu" (Perhatian banget yak? but thanks buat Mas Bayu #LO Paling Tjakep :D )

Selang beberapa lama kemudian gue di jemputin deh, (kenapa gak dari tadi sebelum gue naik angkot? *pikir gue)

Akhirnya gue udah sampai di Asrama Haji Sukolilo Surabaya sebagai tempat menginap peserta. Imajinasi gue cuma satu yaitu Tempat tidur, oh .. aku mencarimu.. aku rindu kehangatanmu..
Nyampe dikamar disuruh istirahat wah memang paham banget kalau gue butuh ini..

Pertama kali dikamar gue kenalan sama Mas Ilham dari IT Telkom Bandung dia angkatan 2011 yah setingkat lebih senior dari gue dan Mas Ilham dari UGM (loh Ilham dan Ilham ) iya gue lupa nama lengkap mereka... Piss salam damai mas kalau baca tulisan ini hhheu

Gue istirahat bentar ngobrol-ngobrol sama keluarga baru sambil nungu pembagian kamar buat peserta.
Udah lumayan siang dan kamar udah dibagi kami bertiga terpisah :"(
Gue di kamar 119 mas Ilham di kamar 210 dan mas Ilham dikamar 211 *loh (maaf kalau salah kamarnya mas :D ) terus gue tidur. Bangun ternyata udah sore dan baru sadar kalau dikamar udah ada penghuni lainnya yang udah pada datang.

Gue yang bangun dalam keadaan cakep langsung aja kenalan ada Mas Mar'iy dari UNEJ Jember, Mas Riki dari UI Depok, Mas Yudi dari UNY Jogja, Mas Rahmadi dari UGM Jogja, Mas Enggar dari UMS Solo, Mas Audrey dari UNAIR Surabaya, Mas Adhim dari ITS Surabaya dan satu dari UMS Juga temennya mas Enggar dari solo (maaf bro ane lupa, kalau baca tulisan in komeng ya biar tak tulis ntar :D ) eh disini gue panggil mas bukan karena gue suka mas mas loh ya #catet.

Ini gue ternyata punya fotonya : -

















Yah, memang banyak cerita seru yang pastinya panjang banget kalau gue harus tulis di blog ini, mulai dari acara  Penerbangan Lampion, Makan Bersama, Kuliah umum putra sulungnya Pak BJ Habibie dan Pak Hatta Rajasa, dan lain lain yang super keren.

Oh iya ada satu hal yang gak bisa gue lupain...
Ceritanya gini hari terakhir acaranya presntasi hasil FGD (Focus Group Discussion) dari masing-masing Cluster ( Gue Cluster Energy) setelah Presentasi setiap kelompok FGD dari setiap Cluster selesai ada pembentukan Forkom (Forum Komunikasi) untuk YESS angkatan pertama. Disini ada pemilihan ketua untuk mengetuai para anggota YESS ini ditawarin jadi ketua Mas Veo maju buat ngajuin jadi ketua, wah gue yang nggak tau apa-apa ikut maju juga deh, terus ada Mas Riki UI juga maju buat nyalonin.

Hhheu udah terkumpul 4 kandidat kuat nih, Satu dari UGM, satu dari UM, satu dari ITS dan satu lagi dari UI. Jujur dari keempat kandidat cuma gue yang paling abstrak diantara mereka yang cakep-cakep :D
Dag,dig,dug saatnya Voting siapakah yang jadi ketua Insinyur dan Saintis Muda untuk satu tahun kedepan. Gue waktu itu rada PD soalnya mereka teriak nama gue semua. Wah, Kabar buruk nih (pikir gue dalam hati) kalau gue harus memimpin mereka semua.
Dan.... yang terpili.....h.. adal..laa....h...

 "La....(berharap Lalank) .....Muhammad Riki..... " Seru mereka semua

Wew, gue rada gak percaya tapi bahagia dalam hati (syukurlah bukan aku) gak tau nasib kalian kedepan gimana kalau gue pimpim, mimpin diri sendiri aja gue gak pernah becus :p.
Satu pesan yang ingin gue sampein disini:

  "Bukan masalah menang atau kalah tapi bagaiamana kita tetap bisa berhubungan sebagai saudara Engineer & Scientists"

Satu pesan lagi buat kalian yang udah ikut YESSummitITS:

  "Kalian luar biasa, PHP-in saya ya" (dengan gaya Ariel NOAH) . hhhe terima kasih semuanya :D.

Bahkan sampai setelah gue pulang ke Malang tak henti-hentinya mereke memberi support buat move on :


Terima kasih buat semua (Panitia pelaksana, Temen-temen dan Saudara-Saudara Engineer dan Scientist YESS semua) Jangan kapok pernah kenal sama aku ya :D
Kalian semua Keren, mari terus benahi bangsa kita ini menuju Esok yang lebih baik, menuju Indonesia gemilang 2025,dll

Ingat slalu kutipan dari Engineer kita BJ Habibie:
"Jadilah barisan terdepan untuk sebuah langkah nyata"

Ini ada salah satu pesan berbentuk catatan di Grup Forkom yang gue ambil, Inspiratif banget, sampai sampai gue terharu banget bacanya 

Ditulis oleh mas : Moh Faza Rosyada

Untuk YESS angkatan 1Kawan - kawanku YES Summit Ceria..
Aku sungguh sangat beruntung mengikuti acara ini karena disini aku bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama denganku. Jujur saja, agenda ini sudah kurencanakan dalam life planku, namun baru kali  ini aku bisa dipertemukan dengan kalian.Kawan, sungguh aku ingin menganggap kalian semua keluarga baruku. Karena kita semua adalah orang-orang yang akan membangun bangsa ini agar siap bersaing pada tahun 2015 dan benar-benar mewujudkan mimpi menjadi 7 besar dunia pada tahun 2030.

Mungkin aku yang memilki ekspektasi terlalu tinggi untuk acara ini. Ya walaupun acara ini adalah yang pertama kali diadakan, aku sungguh memaklumi kesalahan-kesalahan teknis yang terjadi. Tidak pernah tersirat kekesalanku atas ketidaktepatan waktu dari panitia (padahal ini ngomong). Tapi panitia bener-bener super deh, keren dan salut buat panitia yang rela jemput peserta sampai nganterin jalan-jalan dan pulangnya.

Ekspektasi awalku adalah seperti ini. Yang dikemukaan saat sambutan awal kita sedang makan malam bersama, acara ini adalah acara yang mengumpulkan scientists dan engineers dari seluruh negeri untuk saling menyalurkan ide, dan berbakti untuk negeri. Tujuan yang sangat mulia. Namun munculah kekecewaanku ketika FGD yang kita lakukan hanya dijadikan draft semata yang entah apakah akan dibaca atau tidak dengan orang.

Tapi melihat persentasi dari kawan-kawan sekalian, aku melihat ada mimpi dan harapan membuat Indonesia ini menjadi negeri yang lebih baik lagi. Dengan banyak sekali ide-ide menarik, saya berharap kita tidak seperti pemerintah yang hanya sekedar menjalankan proyek dan membuat museum hasil proyeknya. Tapi saya berharap kita memang bisa membangun peradaban.

Oleh karena itu kawan, saya disini ingin YESS ini tidak berhenti disini saja. Tapi kawan, melihat harapan dari panitia, yaitu kita diberi kewajiban untuk mengadakan YESS angkatan 2, mengimplementasikan ide kita secara real dan nyata padahal setiap ide memiliki dana yang cukup besar, dan membentuk koor wilayah masing-masing.

Ya walaupun tidak diminta oleh panitia, kalau kita adalah orang yang peduli terhadap bangsa ini, jelas ide-ide tersebut pasti akan tercetus. Makanya, marilah kita bentuk terlebih dahulu korwil, selagi kita sedang bersemangat. Saya takut satu atau dua bulan kedepan, kita akan menjadi orang yang omong kosong saja.

Harapannya tiap wilayah memiliki satu desa untuk kita proyekkan, sehingga jelas apa bentuk kontribusi nyata kita terhadap negeri ini. Masalah dana silakan rembukan denga kawan-kawan wilayah masing-masing.

Ya, jangan sampai forum angkatan ini hanya sekedar menjadi panitia saja untuk angkatan berikutnya tanpa ada kontribusi nyata. Biar kita bisa menunjukan YESS ini adalah solusi buat Indonesia, dan melalui YESS ini pula kita mewujudkan cita-cita bangsa kita.

Hidup mahasiswa
Salam Membangun Indonesia


Dokumentasi:
Penerbangan Lampion


Nih gue dapet kado figura, hayo punya siapa?



Upss. Ikut terapload.


Nih, calo(n) engineer kita :D








Bye, Ketemu lagi di lain kesempatan yang lebih baik.


Previous
Next Post »
Terima kasih sudah berkomentar, semoga akan dihitung sebagai amal kebaikan ketika hisab di hari akhir nanti. Apasih. Terserah, tapi sempetin komeng ya kalau bisa :)
© 2015 Lalank Pattrya Mahera. Design by Kiki Dee