Copy.com [How to: Installation ini myUbuntu]

CLOUD, istilah yang sudah cukup populer di dalam dunia komputer yang terhubung dengan internet. Memang, internet udah jadi kebutuhan primer hampir setiap orang, termasuk gue. Internet memudahkan semua pekerjaan manusia (termasuk gue waktu buat makalah, tinggal copas sono, copas sini #UPSS)  termasuk dalam penyimpanan data. Penyimpanan data di internet menurut gue sangat efektif, karena selain aman (tidak khawatir akan loss data) juga misalnya kita membutuhkan data itu sewaktu waktu kita juga bisa akses melalui gadget yang kita punya.

Beberapa contoh penyimpanan data yang gue pake saat ini ada GoogleDrive (Ini otomatis kita punya kalau kita punya email di Google), SkyDrive (Ini juga otoomatis kita punyai kalau kita punya akun email di Microsoft), UbuntuOne (Karena gue pengguna Ubuntu), DropBox (Gue demen sama ini karena hampir bisa berjalan di semua platform baik PC, Mac, dan SmartPhone), dan yang paling gue senengin yang terakhir gue pake yaitu Copy.

Dengan slogan "Store, protect, and share amazing things.", Copy merupakan media penyimpanan yang mengusung kemudahan, perlindungan, tampilan, kapasistas, dan kemampuan mobilitasnya yang tinggi.
Permasalahannya disini ketika gue mau install aplikasi ini di Ubuntu gue, kalau di Windows biarpun gadis yang masih berumuur 80 tahun juga gue yakin bisa..soalnya tinggakl klik dua klai terus next, next dan selesai. Coba kalau di Ubuntu? pasti nenek gue pun ngga bisa (yaiyalah, tau komputer aja ngga)
Ubuntu memang memerlukan sedikit trick, trik disini gue dapetin dari surfing dan gue praktekin sendiri LANGSUNG. :D  Iyuh, yumari yang mau nginstal di Ubuntunya kalau butuh referensi bisa ikutin langkah gue berikut:

  • Jelas yang pertama masuk ke copy.com dan unduh aplikasinya pilih "Install Untuk Linux"
  • Tunggu donglotanmu sampe selesai, kalau udah langsun cara selanjutnya
  • Ekstrak file donlotan tadi, (klik kanan, pilih ekstrak) maka kita dapatkan folder copy yang didalamnya lagi terdapat dua folder dan satu file readme. Yaitu "x86" dan  "x86_64
  • Disini kita umpamakan folder copy tersebut berada di Desktop untuk mempermudah (kalau belum dipindahkan dulu ke Desktop)
  • Buka terminal dan ikuti perintah selanjutnya
  • Perintah selanjutnya yaitu: "cd /home/lalank/Desktop/copy/x86" (lalank merupakan username gue, sesuaikan dan ganti dengan usernamemu sendiri. x86 itu karena komputer gue 32 bit. Ingat ketika menuliskan diterminal itu tanpa menggunakan tandap petik (") )
  • Selanjutnya ketik lagi diterminal: "./CopyAgent –installOverlay" (ingat!, tanpa tanda petik)
  • Jika icon Copy sudah muncul itu tandanya anda sudah bisa menggunakannya, silahkan daftar (signup) dulu kalau belum punya akunnya.

Trims :)



Previous
Next Post »
Terima kasih sudah berkomentar, semoga akan dihitung sebagai amal kebaikan ketika hisab di hari akhir nanti. Apasih. Terserah, tapi sempetin komeng ya kalau bisa :)
© 2015 Lalank Pattrya Mahera. Design by Kiki Dee