Brenchworking

Dulu waktu gue SMA ngga pernah kebayang, ngga pernah tau, dan ngga mau tau apa itu Brenchworking. Tapi apa itu Brenchworking? itu loh bahasa indonya artinya Praktek Kerja Bangku. Mata kuliah Semester 3 yang sedang gue jalanin saat ini. Buat yang dari Sekolah Kejuruan terutama Jurusan Teknik mungkin udah ngga asing lagi, sudah jadi makanan sehari-hari pratek kerja bangku sewatku di SMK.

Jadi apa yang di pelajari di Praktek Kerja bangku itu? Praktek kerja bangku itu semuanya dilakukan manual sob, pengerjaannya semua menggunakan tangan yups bener-bener manual mulai dari Mengikir, Melukis benda kerja (yang meliputi menyiku, menggores, menitik dll), Mengebor, Menggergaji, Memahat, Menyetempel, Mengetap dan Menyenei, Menyekrap dan masih banyak yang lain lah, oh ya termasuk juga pembentukan Plat.

Emang, gue ya sedikit apa ya istilahnya .. emh.. "Nervous" lah mungkin apalagi ketika ngeliat temen-temen yang dari SMK dimana mereka udah lebih tau dahulu, udah lebih berpengalaman mengenai kerja bangku ini, lah gue? yang dari SMA belum pernah tau apa itu menyenei, mengetap, menyetempel, dll.

Beruntunglah gue dapat dosen yang baik banget, namanya Pak Basuki, beliau orangnya sabar, murah senyum, walaupun beliau sudah cukup berumur namun jiwa beliau masih semuda kami-kami para mahasiswanya, terkadang beliau bercakap-cakap mengenai masalah sepak bola, tentang masa-masa sewaktu beliau sekolah dahulu, yap.. intinya asyik banget.

Dengan penuh kesabaran beliau mengajari kami, memandu bagaimana melakukan yang sesuai dengan prosedur apalagi kami kuliah di Kampus yang memang basic nya pendidikan (keguruan) yang dimana area okupasinya yaitu menjadi Guru di sekolah kejuruan atau instruktur di perusahaan atau lembaga-lembaga diklat dan sejenis, jadi kami diajarkan bagaimana "Sikap" kita ketika praktik yang benar. Beliau mengatakan "Bagaimana saudara nanti mau menyalahkan anak didik kalian? jika saudara-saudara yang benar saja tidak tahu" Yups, intinya memang ketrampilan, pengetahuan dan sikap (softskill) dalam praktek ini harus benar-benar diperhatikan dan dilakukan secara benar.

Hari pertama kami diberi pengenalan nama alat-alat yang akan kami gunakan nanti ketika praktek, dari awal kami memang dianggap sama baik dari yang SMK, SMA ataupun MAN dianggap sama, berikutnya pada hari kedua kami diberi benda kerja untuk di kerjakan sesuai permintaan. Benda kerjanya yaitu sepotong besi dan kami diminta untuk membentuk sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Mula-mula yaitu digergaji kemudian selanjutnya mengikir.

Setelah beberapa hari selesai kemudian selanjutnya masih sama yaitu memotong dan mengikir hingga membentuk segi enam dimana pada tujuannya yaitu membuat sebuah Mur. Dimana dalam pembuatan Mur juga ada pekerjaan yang namanya Mengetap yaitu membentuk Ulir bagian dalam menggunakan alat yang namanya tap. Setelah Mur jadi selanjutnya yaitu diberi benda kerja lagi yang pada akhirnya menjadi Baut, dimana untuk membuat baut ada pekerjaan yang namanya Menyenei.

Memang praktek kerja bangku ini sangat melelahkan, terutama buat yang pertama seperti gue yang belum pernah sama sekali, butuh porsi makanan lebih hhhe Pas malamnya baru deh kerasa pegel-pegelnya

Foto diatas sebuah baut dan mur hasil kerjaan gue, emang masih ngga rapi..namanya juga belajar hhhe tuh ada nama gue cara pembuatannya buat yang belum tau namanya di stempel. Jadi bukan hanya kertas yang di stempel sob, besi juga bisa distempel

Tuh, paling keren kan waktu dikumpulin hhheu



Yang foto ini sih cuma iseng-iseng aja pas lagi istirahat bentar, inget lambang negara kita jadi gue susun dari alat-alat pratek jadi deh "Burung Garuda" versi teknik mesin UM hhhhay...
Yaudah deh, udah dulu ye, badan gue pegel-pegel noh, bye...
Previous
Next Post »
Terima kasih sudah berkomentar, semoga akan dihitung sebagai amal kebaikan ketika hisab di hari akhir nanti. Apasih. Terserah, tapi sempetin komeng ya kalau bisa :)
© 2015 Lalank Pattrya Mahera. Design by Kiki Dee