Sekilas Tentang Diabetes



"Kehidupan", ada yang tau maknanya apa? selamat buat kamu yang udah tau, gue mah masih kabur-kabur gitu minta di bersihin pakek CLINK dulu kali yak biar jelas. Jadi ceritanya gue kan baru pulang dari seharian kegiatan di kampus, paginya gue ada kuliah terus siangnya gue di UKM (Unit Kegiatan maho Mahasiswa) lanjut sorenya gue rapat di HMJ (Himpunan Mahasiswa Jomblo Jurusan) jadi habis magrib gue baru pulang, gue sempatin mandi dan shalat dulu.

Habis magrib temen sekamar kosan gue datang, dia sebenernya tetanggaan rumahnya sama rumah temen gue di desanya sana, cuma beda kampus aja pas kuliahnya, ngobrol-ngobrol tentang kuliah yang bikin gue agak heran dia dulu sekelas sama temen kosan gue sekarang yang jurusannya mesin, dulu dia satu SMK (yeah!! SMK Bisaa!!) di jurusan Mesin dan sekarang kalian tau apa yang terjadi? yak yang pasti dia ngga kesini terbang naik naga kaya di Indosiar, dia sekarang masuk di Jurusan Perawat mennn...gilakk!! pas banget khan? Iya nyambung tuh sampe-sampe ada mata kuliahnya kok di kampus gue "Perawatan Mesin" loh, masih ngga percaya hha..


Yah, begitulah hidup emang susah ditebak guys...mungkin sekarang kira ngga jomblo tapi siapa tau besok kita udah jomblo aja misal pacar loe diculik alien saraf yang nyasar kan bisa aja.. apa sih yang ngga bisa didunia ini ( kesannya muaksa banget yak)  Dan siapa tau aja loe yang lagi jomblo besok udah dapet pacar, setidaknya dapat yang ori walopun bekas dan belum sempat di cuci. ~Jomblo kalem aja dong !

Begitulah, maksud gue memang hidup ini ngga bisa ditebak kaya tadi, temennya temen gue yang awalnya jurusan mesin di SMK nya sekarang jadi perawat, gue dulu yang sering berkecimpung di Biologi sekarang malah masuk di jurusan mesin mungkin ini juga salah satu tanda bahwa dajjal akan turun dan kiamat telah dekat, Oh tuhan lindungilah hambamu ini. Kadang ada juga lulusan SD terus masuk ke SMP, malah ada juga lulusan SMP masuk ke SMA ( yaiyalah begok ! ) <-- asli="" banget="" ini="" ngga="" puenting="">

Cerita-cerita selama kuliah di jurusan perawat banyak hal-hal yang ngga banget menurut gue, FYI gue itu orangnya paling ngga bisaan sama yg namanya darah, bedah membedah ( ngga termasuk bedah buku) pokoknya tentang dunia medis lah, kalau misal gue disuruh donor darah dan di bayar pun gue masih mikir-mikir dulu. Sumpah, gue orangnya paling ngga bisaan lihat darah (titik). Jadi ceritanya selama jadi perawat dia banyak ngerawat pasien-pasien yang lagi sakit.

Dia cerita juga waktu ngerawat pasien diabetes yang udah parah banget gitu, dia disuruh ngambil ulet yang ada di "borok" pasiennya pakek pinset (hiii....) dia cerita katanya byiuh.. (maaf) bau banget, sampe dia pakek masker lapis tiga aja masih bau, ngga bisa bayangin gue gimana ituh... hiii.
Banyak ilmu baru yg gue dapetin salah satunya DM atau Diabetes Melitus itu juga termasuk penyakit turunan dan kata dia sih itu ngga bisa di obatin atau di sembuhin secara total gitu, ngga tau kalau menurut pendapat kalian.

Terus selain faktor keturunan salah satunya juga kita kebanyakan makan atau minum makanan atau minuman yang banyak mengandung gula gitu katanya kaya minum-minuman bersoda dll gitulah, pokonya serem banget apa lagi yang diabetes basah,  kalau kita diabetes basah kita ngga bisa terkena luka sedikit saja, kalau sampai terkena bisa bisa melebar dan membusuk. Dia cerita ibu kos nya kena diabetes basah terus awalnya jari kelingking kakinya itu cuma kejepit pintu dan meninggalkan luka kecil, eh ujung-ujungnya itu luka melebar sob.. melebar sampe telapak kaki, sampe jari salah satu kakinya pas tidur ada yang lepas dia ngga tau atau ngga sadar gitu sob.. hish...serem amat pokoknya dia cerita. Ampun deh.



Bersyukur banget gue masih di beri karunia sehat, doakan ya sobat semoga kita semua (yang baca ini) selalu diberi nikmat sehat sama Yang Maha Kuasa. Intinya kalau kata temen gue tadi diabetes itu ada dua, yang pertama diabetes kering itu semisal kalau dia terkena luka misal terkena pisau kalau sembuh masiha da bekasnya dan ngga bisa hilang gitu... terus yang kedua diabetes basah, nah ini yang ekstrem banget. Diabetes basah ini modelnya kita ngga boleh terkena luka sedikit pun, karena kalo kena luka walaupun kecil itu nanti akan terus membesar dan busuk yang ujung-ujungnya musti di amputasi. Hish..tambah serem lagi nih.

Sebenernya masih banyak banget tadi yang kita bicarain, ngga hanya masalah diabetes ini aja tapi lain kali aja lah kiranya gue bahas lagi karena udah kepanjangan kali ya :)
Kalau temen-temen ada yang lebih tau tentang diabetes ini bisa share di halaman komentar :)
Terima kasih, sampai jumpa :)


Sumber gambar:
https://www.google.co.id/search?q=gambar+diabetes+gangren&espv=210&es_sm=93&tbm=isch&tbo=u&source=univ&sa=X&ei=0rt7Uuz9H4vOrQfO1oGIDQ&ved=0CCkQsAQ&biw=1366&bih=634 


Previous
Next Post »
Terima kasih sudah berkomentar, semoga akan dihitung sebagai amal kebaikan ketika hisab di hari akhir nanti. Apasih. Terserah, tapi sempetin komeng ya kalau bisa :)
© 2015 Lalank Pattrya Mahera. Design by Kiki Dee