Ubuntu 13.10: Saucy Salamander

Ubuntu adalah distribusi Linux yang paling populer dan paling User Firendly menurut gue pribadi, gue sendiri sekarang pakai Ubuntu 10.04 LTS di laptop gue dan semua berjalan oke-oke aja semenjak makek. Memang bukan cuma Ubuntu kok yang populer dan banyak digunakan selain itu ada Linux Mint, Fedora, OpenSUSE, Tea Linux, BlankOn dll (FYI, BlankOn itu distro buatan Indonesia loh). Distro yang udah populer biasanya didukung oleh perusahaan pengembang yang besar kaya Fedora didukung oelh RedHat, Ubuntu oleh Canonicall.

Siklus relase ubuntu itu setiap 6 bulan, jadi pas bulan Oktober akhir kemarin relase Ubuntu terbaru dengan Codename "Saucy Salamander" , emang codename ubuntu selalu unik, yaitu berurutan sesuai abjad dan memakai nama hewan jadi ntar ubuntu 14.04 bisa dipastikan diawali dengan Huruf "T" karena yang sekrang kan codename nya "S". 
Screenshoot dari komputer gue.


















Ubuntu Saucy ternyata lebih keren, lebih cepat dan lebih elegan sudah sama kaya Mac, malah lebih keren ini, gratis (Free) *Muehehehe. Maklum selama ini gue cuma ngikutin perkembangn ubuntu sebatas tau aja, kalau makek sih udah lama tapi yang versi 10.04 Lucid dan kemaren siang gue minta .iso Ubuntu yang baru ke temen Komunitas di Kampus soalnya pingin pasang di Komputer mau donlot sendiri internetnya lemot.



Bicara-bicara bentar sama temen dan minta .iso nya  gue pulang dan nyobain lewat Flashdisk, "Wah" kesn pertama, makin cakep aja nih distro, terus gue Install.
Oh ya, kalau habis intall ubuntu itu belum bisa di pakek buat muter musik, ini yang kadang sebagian temen masih agak bingung, gue kasih tau aja kalau habis instal musti ngapain:


  • Yang pertama konek kan ke Internet, buka terminal terus tulis "sudo apt-get update"
  • Terus kalau udah selesai tulis lagi "sudo apt-get upgrade" (Tujuannya upgrade ke sistem yang terbaru)
  • Yang ketiga ini yang penting, biar loe bisa mainin file-file video, musik dll. Tulis "sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras"
Nah itu diatas cuma dasar kalau hbis install ubuntu, kalau mau lebih lengkap nya bisa baca disini :

Kalau ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar, atau kalau di kota atau di kampus loe ada komunitasnya bisa ikut biar lebih tercerahkan mengenai Linux :)
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
6 November 2013 at 18:42 ×

Pembahasan pada artikel anda mudah menarik,saya suka dengan blog anda karena kontentnya bermanfaat dan mudah di pahami.Saya izin follow blognya untuk mengetahui update blog anda selanjutnya,jika tidak keberatan mohon follow backnya,saya tunggu.Terimakasih.

Balas
avatar
admin
6 November 2013 at 22:57 ×

Terima kasih, kalau ada waktu saya akan berkunjung dan sekiranya berkenan mengikuti :). Jangan kapok mampir lagi yak :)

Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar, semoga akan dihitung sebagai amal kebaikan ketika hisab di hari akhir nanti. Apasih. Terserah, tapi sempetin komeng ya kalau bisa :)
© 2015 Lalank Pattrya Mahera. Design by Kiki Dee