What !? Gue Mengidap Bipolar Disorder?


Kalian semua pastinya tentu pernah mengalami situasi dimana yang awalnya kalian moodnya baik, ceria, gembira terus tiba-tiba langsung badmood entah karena suatu alasan tertentu. Mungkin bebarapa alasan tersebut ada yang bisa dijelaskan seperti dosen yang tiba-tiba ngasih tes dan kita belum ada persiapan atau ngelihat pacar jalan sama yang lain. Ups. Tapi terkadang alasan itu ada yang gak bisa dijelaskan dari yang awalnya kita senang, gembira, semangat, ceria eh langsung tiba-tiba berubah drastis jadi bete atau badmood.

Kalau perubahan tersebut masih dalam tahap normal artinya ngga terlalu ekstrem abis dapet undian mobil dan dijamin masuk sorga terus tiba tiba badmood contohnya, itu berarti kalian masih dalam kondisi wajar.
Namun kalau udah drastis banget berubahnya mood kalian nah ini dia yang di sebut New World Order "Bipolar Disorder".



Sebenernya apa sih? Bipolar Disorder itu? bahaya gak? Bayar gak? Oke, gue mau bahas sedikit jadi biar kalian pada tahu apa itu, siapa tau kalian juga salah satu dari orang yang menderita.
Menurut Wikipedia, dan beberapa artikel di Internet Bipolar Disorder adalah salah satu jenis penyakit psikologi yang ditandai dengan perubahan mood yang sangat ekstrem yaitu berupa depresi dan mania.

Ini penggalan penjelasan yang gue ambil dari Wikipedia:

"Setiap orang pada umumnya pernah mengalami suasana hati yang baik (mood high) dan suasana hati yang buruk (mood low). Akan tetapi , seseorang yang menderita bipolar disorder memiliki mood swings yang ekstrim yaitu pola perasaan yang mudah berubah secara drastis. Suatu ketika, seorang pengidap bipolar disorder bisa merasa sangat antusias dan bersemangat (mania). Namun, ketika mood-nya berubah buruk, ia bisa sangat depresi, pesimis, putus asa, bahkan sampai mempunyai keinginan untuk bunuh diri (depresi)."

Kalimat yang terakhir emang agak serem ya? tapi emang terkadang begitu dan gue setelah baca ciri-cirinya orang yang menderita Bipolar Disorder langsung ngerasa "Mak Deg" berhenti sambil mikir bentar, kok gue hampirm mirip sama ciri-cirinya ya?
Buat yang belum tau ciri-ciri orang yang menderita Bipolar Disorder seperti yang dibawah:


  1. Gembira berlebihan
  2. Mudah tersinggung sehingga mudah marah
  3. Merasa dirinya sangat penting
  4. Merasa kaya atau memiliki kemampuan lebih dibanding orang lain
  5. Penuh ide dan semangat baru
  6. Cepat berpindah dari satu ide ke ide lainnya
  7. Seperti mendengar suara yang orang lain tak dapat mendengar
  8. Nafsu seksual meningkat
  9. Menyusun rencana yang tidak masuk akal
  10. Sangat aktif dan bergerak sangat cepat
  11. Berbicara sangat cepat sehingga sukar dimengerti apa yang dibicarakan
  12. Menghamburkan uang
  13. Membuat keputusan aneh dan tiba-tiba, namun cenderung membahayakan
  14. Merasa sangat mengenal orang lain
  15. Mudah melempar kritik terhadap orang lain
  16. Sukar menahan diri dalam perilaku sehari-hari
  17. Sulit tidur
  18. Merasa sangat bersemangat, seakan-akan 1 hari tidak cukup 24 jam

Sesuai yang gue alami, mungkin buat kalian yang kenal dan deket sama gue pasti juga sedikit tau gimana sifat gue salah satunya gue terkadang gembira yang berlebih, terkadang juga terlalu bersemangat yang berlebihan dan muncul ide-ide yang agak sedikit nyeleneh terus tiba-tiba aja bisa berubah jadi badmood. Hampir semua ciri Bipolar Disorder diatas sesuai dengan kepribadian gue, dan yang paling ngerasa selama ini adalah orang terdekat gue yang selalu ngingetin kalau gue lagi badmood. 

Menurut penelitian sih katanya ini terjadi karena berbagai faktor antara lain genetik, lingkungan sama fisiologis kita. Kalau secara genetis sih gue kurang tau apa karena keturunan gue juga begitu, tapi kalau menurut gue sih yang gue alami ini merupakan faktor lingkungan yang salah satunya yaitu Stress dan Kurang tidur. Gue belum pernah ke psikiater sih buat nanyain apa dan bagaimana penanggulangannya yang pasti gue berusaha untuk lebih baik aja.

Kalau kalian ada yang pernah ngalamin perbedaan mood yang ekstrem gitu gak? 
Previous
Next Post »

5 comments

Click here for comments
15 November 2013 at 14:23 ×

haha , kok mirip* bngt ya sama gue --''

Balas
avatar
admin
16 November 2013 at 06:03 ×

lebih sabar aja dalam ngelakui apapun, mengontrol emosi dan jaga sikap .. kontrol pikiran negatif, selalu berpikiran positif ^^, semangat !!

Balas
avatar
admin
16 November 2013 at 07:20 ×

Marchel: Wah wah jangan2 ente mengidap juga broh... saran sih bawa ke psikiater biar lebih jelas :)

Balas
avatar
admin
16 November 2013 at 07:23 ×

Yuliasari : Ok, keep positiv thinking :). Makasih sarannya :*

Balas
avatar
admin
18 November 2013 at 13:29 ×

hati hati bro banyak banyak berdoa supaya hati lebih tenang

Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar, semoga akan dihitung sebagai amal kebaikan ketika hisab di hari akhir nanti. Apasih. Terserah, tapi sempetin komeng ya kalau bisa :)
© 2015 Lalank Pattrya Mahera. Design by Kiki Dee