Tips Menghindari Dosen Killer



Bagi sebagian, gak sebagian sih, keseluruhan mahasiswa pasti punya dosen. Sama seperti mahasiswa, dosen pun memiliki banyak karakter, kalo mahasiswa ada yang suka ngupil dosen beda lagi, setingkat diatas, habis ngupil terus di kunyah. Sebelumnya gue kasih tau dulu dosen itu makhluk apa, mungkin lo ada yang masih SMA, SMP, SD atau sudah lulus kuliah tapi gak tau dosen itu apa biar gue jelasin dulu.
Jadi, Dosen itu adalah:

"Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat" (Sumber:  wikipedia) 

Nah, itu tadi pengertian dosen, udah pada jelas kan? Intinya itu ... ya.. ya gitu deh. Intinya lebih tinggi dari guru, disitu udah di jelasin yaitu pendidik profesional dan ilmuwan.
Pernah gak sih kalian punya dosen yang "ngeehek" banget? Maksudnya disini setiap dia masuk kelas hawanya berbeda? kalian jadi gak mood belajar, gak bisa senyum, udel tiba-tiba kena serangan stroke, dan hal-hal yang buat kaliah susah menyerap ilmu lainnya.

Terkadang ada dosen yang paling gak kita suka, terutama buat yang males-males, kuliah cuma dateng doang malah kadang cuma TA (Titip Absen) ke temen, biasanya sih tipe dosen yang suka nunjuk mahasiswanya buat nyelesaiin tes soal di depan. Semisal waktu jelasin materi terus bahas soal, nah tiba-tiba aja tuh si dosen nunjuk kite-kite yang lagi asyik merangkai mimpi. Mau ngehindar gimana lagi kalau gitu, kecuali pakai satu trik dari gue yaitu: Pura-pura AMNESIA.
Bener, buktiin aja semisal lo ditunjuk suruh maju kedepan, gampang aja tinggal lo pasang tampang bego sambil celingak celinguk mandang ke atas plaffon terus ngomong: HAH!! Gue lagi dimana?! Loe siapa!!  Ini tahun berapa?? HAH!! Apa gue disurga?!!.

Percaya deh, niscaya dengan tips tadi kalian langsung di DO tanpa syarat dari kampus kalian masing-masing. FYI lagi, gue kuliah di jurusan teknik, dimana disinilah tempat-tempat dosen killer yang siap membunuh nilai IP mu berkeliaran. Satu hal yang buat gue males banget, GADA CEWEKNYA men! sumpah, udah dosen tua yang raut mukanya angker-angker mirip di film-film Harry Potter, pelit nilai, tanpa belas kasihan, gak pernah senyum, terkadang ngupil pake lidah, kalau malam tidur, selalu siap mengintai dan membantai mahasiswanya.

Nah, dari pada galau, bingung, resah, gelisah menghadapi dosen yang kaya tadi mending ikuti tips gue dibawah ini deh, terbukti gue terkadang pake tips ini dikampus. Yuk cekibrot:

1. Hindari eye contact.
Yups, hindari kontak mata langsung dengan dosen apalagi sampai main mata. Gue kuliah di fakultas teknik, dimana dosen cewek merupakan makhluk-makhluk yang sangat...sangat...langka, walaupun ada pun sudah tuha, tuha, gak eye catching sama sekali, udah tiap hari temen sekelas cowo semua, dosennya cowo nah loh, masa sesama cowo mau main mata. Intinya kalau sama dosen yang sering nunjuk mahasiswa buat maju ngerjain soal didepan kalian musti hindari tatapan mata langsung, ini beneran lumayan manjur. Recomended.

2. Hindari memakai pakaian yang mencolok/ menarik perhatian.
Ini juga penting banget, pakaian mencolok pasti akan mudah terlihat apalagi kalian duduknya didepan pas depan meja dosen. Gue biasanya buat ngehindarin pake pakaian yang biasa aja gak mencolok, ya pokoknya biasa lah. Heheh. Ingat jangan sampai kebalik, pakaian dalam di pake diluar loh.

3. Atur posisi duduk
Posisi duduk di kelas juga penting banget nih sob, gue kasih tau aja biasanya dosen tuh seneng nunjuk yang duduk di depan sama di belakang yang pojok. Dosen nunjuk mahasiswa yang duduk didepan karena dia tau yang duduk di depan ini biasanya mahasiswa yang paham akan materi-materi perkuliahan, mahasiswa yang "niat" banget, mahasiswa yang rajin lah pokoknya jadi biasanya dosen nunjuk dia buat nyelesaiin soal supaya temennya tau juga, tapi terkadang cuma disuruh ngapus papan tulis juga sih. Beda ketika dosen nunjuk yang daerah pojok belakang, golongan ini tipe-tipe mahasiswa yang tidur-able (mudah tidur), mahasiswa yang cuma datang duduk diam, mahasiswa yang gak ada semangat kuliah bahkan niatnya pun masih ketinggalan diatas kasur kost-kostan.

Gue kasih tips, supaya kalian gak jadi sasaran empuk dosen, ini tips lumayan manjur biasa gue praktekin juga di kelas. Tipsnya yaitu duduklah di barisan kursi tengah. Jadi, semisal kursi dikelas ada 5 baris duduklah di barisan ke-3. Ini lumayan melindungi kamu.

4. Datang lebih awal
Yang keempat ini juga masih ada kaitannya sama yang nomor 3 tadi, apa kaitannya? Dengan datang lebih awal kalian bisa lebih dulu mengambil tempat duduk dibarisan tengah tadi, ya kan? Pinter.

5. Sikap ketika mengikuti perkuliahan
Sikap selama perkuliaahan berlangsung juga penting supaya kalian tidak jadi sasaran empuk dosen. Usahakan kalian jangan berbuat sesuatu yang menarik perhatian si dosen semisal, merokok dan ngopi di kelas, atau mengupil rame-rame bareng mantan, Jangan. Berpura-puralah menulis atau mencatat materi ketika si dosen mulai menatap wajah-wajah mahasiswanya, ini lumayan efektif.

6. Beristigfar, perbanyak dzikir,  berdo'a dan kalau perlu nazar.
Ini juga tak kalah pentingnya, ada pepatah, usaha kita tidak ada artinya dan akan sia-sia tanpa diiringi doa. Ini juga bener, selain berdoa ada baiknya perbanyak dzikir, amal-amal ibadah lain yang akan membantu usaha kalian semua, bahkan kalau perlu nazar. Semisal gini, ketika kalian sampe di pintu kelas dan mau masuk kebetulan dosen mata kuliah hari ini serem, angker dan suka nunjuk mahasiswanya smabil ngupil, kalian bisa nglakuin nazar, semisal gini: "Ya Allah, jika hambamu hari ini tidak di tunjuk dosen mata kuliah ini hamba janji akan traktir makan bakso temen se kampus".

So, itu semua tips-tips yang bisa gue share ke kalian semua, tidak ada salahnya di coba atau mau nambahin tips-tips yang lain juga silakan :)
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
14 March 2014 at 10:36 ×

wkwkwk , tak berguna di pesawat angkat nih :v

Balas
avatar
admin
14 March 2014 at 11:34 ×

Hha, dosennya random sih kalau nunjuk. Tapi lumayanlan tips diatas buat dipake ngehindar. :D

Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar, semoga akan dihitung sebagai amal kebaikan ketika hisab di hari akhir nanti. Apasih. Terserah, tapi sempetin komeng ya kalau bisa :)
© 2015 Lalank Pattrya Mahera. Design by Kiki Dee