Ngobrolin Masalah Musik Yuk..

Oke malem ini gue masih jomblo single dan bakalan gak tau sampe kapan ngelepas status ini, oke gue rasa udah cukup curhatnya, oke kalo gitu nulisnya sampe sini aja ya (Ini apaan sih?). Oke lupain yang tadi, MOVE ON dong! Malem ini emang rencananya gue update blog sih eh gak tau kenapa tiba-tiba aja chatingan sama temen, ndengerin lagu-lagu lawas sambil asyik ngetweet.

Sebenernya setelah chating tadi gue ada juga ide lain buat nulis, tapi ntar aja kalau tulisan yang ini udah kelar ye, yang ini aja belum kelar. Ngomong -ngomong masalah dengerin lagu, kebetulan tiap malem biasa gue sambil ngutak-atik laptop, blogging, atau ngerjain tugas kuliah biasa gue dengerin lagu-lagunya Bang Iwan, kalau gak biasa lagu-lagu jadulnya Dewa 19 sampe hampir punya lengkap koleksi albumnya, biasa kalau pagi sebelum kuliah gue demen banget sama album Dewa yang Pandawa Lima, disitu lagu yang paling gue suka ada yang judulnya Aku disini untukmu, Bunga, Kamulah satu-satunya, Petuah bijak dan banyak lah, hampir satu album Pandawa Lima gue demen banget, kalau di dengerin pas pagi gitu buat semangat biasa kalo mau berangkat kuliah.





Terus kalau siangnya biasa gue dengerin lagu-lagunya Bang Iwan, kalo yang ini dah hampir semua lagu-lagunya gue suka. Gak cuman siang aja, biasa gue kombinasiin lagu-lagu bang Iwan bareng lagu-lagu dewa, bareng slank. Lagu-lagu bang Iwan hampir gak bisa disebutin satu-satu yang gue suka soalnya hampir lagu-lagu kritik sosialnya juga lagu-lagu cintanya gue suka semua, lagu bang Iwan itu hidup banget, ngena banget, abadi, seakan-akan bang iwan bisa membaca permasalahan bangsa ini kedepan.





Biasa kalo udah agak bosan dengerin yang kritik sosial gue dengerin yang cinta-cintanya nih kadang dengerin  yang judulnya: Yang terlupakan, Nona, Yang tersendiri, Buku ini aku pinjam, Entah, Sebelum kau bosan dan banyak deh. Bang Iwan emang legenda musik Indonesia. Selain itu biasa kalau malem gitu pas asyik ngerjain tugas, lagu-lagu Dewa lagi-lagi nemenin, biasa kalau malem gue lebih suka di album Terbaik-terbaik, sumpah keren keren nih lagu (menurut gue). Beberapa lagu kaya Cukup siti nurbaya, Cinta 'kan membawamu kembali, Satu hati, Jalan kita masih panjang seneng banget gue dengerin berulang-ulang, entah setelah dengerin kaya ada sense atau energi semangat gitu.



Gue suka sama Dewa 19 udah dari kecil sih di tulisan yang ini juga gue sempet bahas Dewa 19, sebenernya bukan cuma Bang Iwan atau Dewa 19 aja sih yang udah jadi panutan-panutan hidup, banyak juga musisi-musisi dalam negeri yang lain yang udah "inspiring" yang udah mengisi keseharian, ada Slank yang emang kreatif banget gak pernah mati dalam berkarya, God Bless, Ebiet, Nike Ardilla, Chriyse, SO7, Andra, dan banyak lagi pokoknya.

Dulu waktu SMA gue ikut ekskul band, waktu kuliah juga gue sempet bentar ikut UKM Musik berhubung beberapa kesibukan gue sudah jarang main band lagi sekarang, mungkin suatu saat nanti kembali main lagi tapi yang pasti emang gue suka aja sama musik, walaupun kalo main udah gak mahir-mair amat. Nah setiap gue kumpul bareng temen, asyik main gitar atau lagi santai-santai gitaran gitu terkadang temen gue ada yang nyeletuk gini:

"Kamu itu loh lank suka musik, tapi lagu-lagu yang kamu mainin jadul semua"

Gue:

*Hening... Menyesuaikan wajah kali ya. Hehh, hehe, *krik, krik?" Gue jawab becandaan aja.

Heheh, kalo gue inget-inget iya juga sih, referensi lagu gue kalau lagi nge-band dulu pas SMA atau bahkan sekarang emang lagu-lagu lama, kalaupun lagu baru itu lagu-lagu band luar yang emang fresh mungkin kaya yang lagi digandrungi cewe-cewe sekarang kaya 1D, artis-artis korea atau semacamnya, gue sih beberapa juga suka, ya pernah denger juga walaupun cuma sekilas.

Kegelisahan-kegelisahan tadi sempet gue jadikan tweet:



Dan respon dari temen-temen juga banyak yang ngedukung kok:


Terus kepikiran ngetwit opoini gue lagi, gini:





Hem, ternyata emang kan lagu-lagu lama itu terbukti masih enak didengerin, jujur terkadang gue kangen sama lagu-lagunya stingky, puitis banget liriknya, lagu-lagu samsons, dan banyak lagi.

Stinky
Kalau menurut gue sih ini ya, kalau anak muda, cowok terutama kalau gak suka atau gak kenal sama minimal yang udah gue sebutin diatas sih bisa dibilang belum lengkap tuh hidupnya hahah, ini opini doang sih. Walaupun gak cowo juga ada malah yang suka sama lagu-lagu Dewa yang lawas, gue pernah nemuin tuh, terbukti kan baladewa, OI masih ada, dan dimana-mana. Oke oke, nge-fans boleh lah ya, tapi ingat jangan berlebihan atau fanatik gimana gitu yang malah bisa mengurangi kekreatifitasan kita.

Kalau temen-temen sendiri gimana? Masih suka lagu-lagu lama? Biasa dengerin lagu-lagu siapa? Atau mungkin ada moment-moment spesial sama lagu itu? Share dong ya? :)

Udeh dulu kali, mau nugas dulu ye, jangan lupa yang diatas... share dong lagu lama kesukaan kalian apa, hihi

Babai, kecup satu-satu.


UPDATE:
Barusan gue buka twitter ternyata ada yang nambahin mention nih, dan gue tertarik sama mention mereka jadi gue masukin juga di blog ini:


Beberapa dari band-band Rock yang disebutin diatas ada yang belum gue dengerin lagunya, cuma pernah denger waktu cerita-cerita tentang musik bareng bokap kalau dulu ada Elpamas yang kalau gak salah in band dari Pandaan, terus ada Power metal,  rudal, pyhytagoras, boomerang sendiri gue masih sering dengerin lagu-lagunya,

Emang sekarang label, atau industri musik udah ngikut selera pasar, mereka-mereka yang idealis tetap dijalurnya seakan-akan tenggelam namanya, dan iya emang sih mereka-mereka yang tetep berpendirian pada aliran-aliran yang antimainstream dari pasar jarang tuh kita denger lagu-lagunya.



Sumber gambar: www.google.com
Previous
Next Post »
Terima kasih sudah berkomentar, semoga akan dihitung sebagai amal kebaikan ketika hisab di hari akhir nanti. Apasih. Terserah, tapi sempetin komeng ya kalau bisa :)
© 2015 Lalank Pattrya Mahera. Design by Kiki Dee