Ubuntu 14.04 (Rivew)

Kembali gue mau rivew tentang Open Source, kebetulan gue pake distro Ubuntu di laptop dan memang dari dulu juga ngikutin perkembangannya, terhitung sudah 2 tahun lebih gue nyobain berbagai macam distro linux walaupun kebanyakan turunan dari Induk Debian, kaya Ubuntu, Blankon dll. Dulu juga gue pernah nyobain Fedora, waktu awal kenal malah sama Garuda OS yang kalau gak salah turunan daru PC Linux OS. Sebenarnya tulisan ini udah di draft blog gue sebulan yang lalu dan baru gue lanjutin sekarang, gue emang payah.

Tampilan desktop default Ubuntu 14.04 yg diambil dari softpedia

Kembali ke topik, Ubuntu 14.04 merupakan salah satu distro yang paling gue tunggu udah lumayan lama banget sebelumnya gue pake disto ubuntu 13.10, emang gue lebih suka pake yang LTS (Long Time Support) nya Ubuntu biar lama dapet updatean resminya, dulu juga gue cukup lama pake ubuntu 10.04 LTS. Waktu pertama keluar Ubuntu 14.04 LTS gue langsung ke kampus buat upgrade, kampus tetangga sih yang emang inetnya lumayan kenceng.
Gue langsung upgrade, ternyata kalau ubuntu 13.10 langsung di upgrade online ke 14.04 LTS itu ada sedikit rusak tampilannya gitu, mungkin karena gak bersih, ini hasil percobaan di lapy gue sendiri loh.

Ini tampilan ubuntu 13.10 gue sebelum di upgrade:


Ini waktu proses upgrade dari ubuntu 13.10 ke Ubuntu 14.04 LTS,


Gue putusin buat download file .iso-nya aja deh, beberapa menit kemudian downlod-an selesai gue langsung fresh install, agak takut dikit sih, taruma di masa lalu waktu gue pertama belajar tentang partisi di Linux, Ubuntu khususunya yang buat hardisk gue keformat dan harus kehilangan data sekolah, film bokep, foto mantan, dan file-file penting lainnya. Waktu itu bue bener-bener depresi, gimana gak? data-data penting gue yang bergiga-gia ludes dalam waktu sekejap, disitulah gue belajar pentingnya backup data, walaupun sampai sekarang gak gue lakuin juga.,

Akhirnya dengan perasaan penuh was-was, ketir-ketir ngalahin rasa mau ngungkapin cinta ke gebetan lah pokoknya soalnya takut salah partisi dan kehilangan data lagi, gue lakukan mandat suci tersebut, Fresh Instal Ubuntu in my Laptop. Instalasi selesai, gue cepet-cepet buka data gue, ternyata masih ada, kali ini gue berhasil yeyeye, lalala *nari kegirangan*. Tampilan ubuntu yang baru ini bener-bener fresh, dibandingkan ubuntu 13.10 sebelumnya yang gue pake, masih pake DE Unity dan beberapa penambahan fitur baru.

Apa aja yang musti kalian lakuin abis install ubuntu 14.04 ini? Bisa dibaca sendiri disini ye.
Gue sih nyaman-nyaman aja pake Ubuntu, memang kalau baru make atau awal ada sedikit adaptasi, apalagi kalau yang awalnya pake Ms. Windows, gue kasih compiz juga biar lebih ganteng ubuntunya, ini contoh salah satu efek compiznya:




Dan, ini tampilan desktop ubuntu 14.04 gue sekarang:


Yah, file-file yang amburadul didesktop, jangankan file komputer yang maya, lha wong baju kotor yang jelas-jelas nyata aja berhambur di atas kasur tempat tidur gue, emang ini bakat gue kali ya. Tampilannya hampir mirip sama yang 13.10, tampilan mac, iya emang karena gue suka dan emang belum keturutan buat beli mac, doain bentar lagi bisa beli mac ya gaess..

Pesen gue satu daripada upgrade, mending kalian fresh install aja kalau mau nyobain ubuntu dan sebelumnya udah pake ubuntu di laptop atau komputer kalian,
Ok, See you.

Previous
Next Post »
Terima kasih sudah berkomentar, semoga akan dihitung sebagai amal kebaikan ketika hisab di hari akhir nanti. Apasih. Terserah, tapi sempetin komeng ya kalau bisa :)
© 2015 Lalank Pattrya Mahera. Design by Kiki Dee