Bekas bisa dimanfaatin, kenapa gak?

Tempat asesoris dari botol bekas saos.
Gak selamanya loh yang bekas itu selalu gak berguna. Mantan aja berguna, iya berguna buat orang lain yang bakal jadi calon mantannya lagi. Banyak permasalahan di kota-kota besar yang cukup serius salah satu contohnya banjir. Banjir di perkotaan bahkan udah dianggap hal lumrah yang datang tiap tahun. Penyebabnya apa? macem-macem sih. Penyebab utama dari banjir sendiri salah satunya akibat dari penyempitan sungai/kali. Gue ambil contoh di Jakarta. Di Jakarta lebar sungai kebanyakan cuma sekitar lima meter. Padahal biar berfungsi sebagai area tangkapan yang normal setidaknya dibutuhkan lebar sepanjang 20 meter.

Lalu apa penyebab sungai/ kali tersebut menjadi sempit? Banyaknya sampah yang dibuang dikali jadi salah satu sebabnya selain penyebab-penyebab yang lain semisal bangunan-bangunan kumuh dll. Banyaknya sampah-sampah yang dibuang ke kali ikut berperan sebagai penyebab utama banjir karena akan menghambat aliran air, gitu. Weleh-eleh udah kaya kuliah umum aja ya penjelasan gue barusan.

Gimana biar sampah itu gak selalu dibuang? Nah salah satunya yaitu di buat kerajinan atau di daur ulang jadi benda yang bisa kita manfaatin lagi. Kalau mantan kamu bisa dimanfaatin lagi kenapa gak? kan ada jatah mantan? Apasih. Gue mau kasih tau cara manfaatin beberapa sampah yang ada dikamar gue. Foto paling atas itu ada botol bekas saos yang gue jadiin tempat asesoris kaya gelang, kalung dll gitu.

Terus yang dibawah ini kaleng bekas rokok. Kebetulan di kostan gue ada banyak soalnya ibu kost gue jualan rokok ketengan. Dari pada dibuang mending gue ambil buat naruh barang-barang semisal pensil, pulpen atau sepidol, tapi jangan mantan, gak muat, kecuali mantan kamu spidol atau penghapus.

Tempat pulpen, spidol
Add caption


Ini awalnya dari bekas tempat rokok.


Gimana? Lumayan kan? Sederhana banget sebenernya. Kalau ada bahan yang gak kepake lain yang bisa di manfaatin ulang share dong di komen box dibawah. Makasih udah luangin waktu mampir dan baca :)
Previous
Next Post »
Terima kasih sudah berkomentar, semoga akan dihitung sebagai amal kebaikan ketika hisab di hari akhir nanti. Apasih. Terserah, tapi sempetin komeng ya kalau bisa :)
© 2015 Lalank Pattrya Mahera. Design by Kiki Dee