Tarno, Kenapa Mogok?


Fyiuhhh....
Gue menyeka dahi sambil menghela nafas bentar. Di persimpangan kompleks perumahan belakang kampus itu gue ngos-ngosan ndorong si tarno. FYI, tarno itu nama motor gue. Nama lengkapnya Futarno. Ya, walaupun butut dia itu ngeselin. Abis, ada aja alesan buat dia males-malesan di kosan. Mogok maksudnya.

Oke malem ini sebenernya gue mau ke kosan si Ichsan (@ichsanrmdhni) sambil mau beli makan dulu. Seharian belum ada makan nasi gue. Abis jalan-jalan seharian sama mba pacal ke blitar, uhuy. Iya dong, maaf ya buat kalian para wanita-wanita yang ingin mendaftar ke gue (emang ada).

Di tengah jalan gue berenti sebentar buat balesin sms, kaya biasanya gue nengok ke bawah, ke karburator si tarno. Saking seringnya itu karburator rewel gue kena syndrom look down tiap kali berhenti ngendarain tarno. Gue shock waktu tau tarno lagi-lagi pipis sembarangan. Damn! “Bocor lagi, ini kenapa sih?!” gerutu gue dalem hati.

Hal paling jengkelin dulu waktu gue dibuat kezel banget sama si tarno. Waktu itu jam 12 malem gue sama temen gue, cewek, namanya Mulan. Tiba-tiba dia seenaknya ngambek di tengah jalan pas lampu merah. Gue berenti ke pinggir, gue cek bensin. Masih penuh, tapi kenapa dia mogok? Gue cek plat nomernya, masih ada.

Mulan nyeletuk ke gue:
“Ada apa?” Mulan agak bingung.

“Gak tau nih? Tiba-tiba aja macet, tumben. Biasanya gak pernah loh, suerr!” jawab gue meyakinkan.

Temen gue cewek tadi mulai sotoy, “Bengsinnya abis kali!” celetuk Mulan.

“Masih loh, masih banyak gini!” Gue sambil nyruput bengsin tarno pake sedotan.
Gue tengok ke sekeliling, “Udah lu duduk aja disitu tuh!” Gue sambil nunjuk ke kursi dibawah pohon.

Kebetulan di deket situ ada pohon yang ada kursinya.

“Sumpah, kalau boleh jujur gue gak ngerti harus ngapain nih. Gimana dong?! Gue mulai panik.

Mulan sambil nyengir tengil balesin celetukan gue.
“Eh, lu gak malu apa...?! Kan elu tuh anak mesin. Harusnya tau lah yang beginian!”

“Yhe, ya gak gitu juga kali. Ini anak otomotif yg harus tau, kalau di kampus gue sih. Gue mesin produksi. Lagian gue masuk mesin juga terpaksa” Gue ngeles, tapi emang beneran gitu sih.

“Alah, ngeles aja lu. Yaudah gue beli cemilan dulu ya. Pokoknya harus bisa nyala! Gue gak mau tidur di bawah pohon gini sampe besok pagi!”

“Iya... kalau gak mau yodah pulang sendiri sono!” Bodo amat, gue sewot.

Gue ambil handphone dikantong nyoba ngubungin temen gue si Maulana.
“Gan! Dimana lu? Bantuin gue dong...” gue memelas, sambil garuk-garuk selangkangan. Gue juga heran tiba-tiba aja kumat nih gatelnya kalau lagi panik gini.

“Ada apa tong!”

“Motor gue nih, mogok. Apanya ya? Gue cek mesinnya masih utuh kok, plat nomer juga masih ada.!” Gue ngasih informasi terkini tentang si tarno, walaupun buat Maulana itu gak ngebantu apa-apa.

“Lu bisa kesini gak? Darurat beneran, masalahnya gue lagi sama cewek nih!” Gue nambahin percakapan dan mendramatisir keadaan supaya Maulana mau datang bantuin gue mecahin masalah tarno.

“Oke deh, dimana posisi lo? Tapi bentar ye, gue makan dulu, sayang nih abis masak mie kalo gak langsung dimakan”!

Setelah gue kasih posisi gue sekarang dan nunggu bentar akhirnya Maulana dateng juga.

“Kenapa emang gan!?” Sambil pake bokser malem-malem dia nyamperin gue penasaran.
“Nih, gak tau tiba-tiba aja mati gak mau nyala. Padahal sebelumnya gak pernah gini loh. Emang biasanya kalau motor tiba-tiba mogok itu apanya ya?” Gue nanya ke dia.

Maulana mengernyitkan dahi sambil mikir bentar.
“Kalau gak businya sih, ya bengsin” Maulana jawab dengan yakin banget.

“Yaelah kalo itu mah gue juga tau tong!”

“Lu ada kunci busi gak?” Maulana nanya ke gue sambil ngelihat-ngelihat mesin tarno bagian bawahnya.

“Kaga ada, obeng aja gue gak punya.” gue jawab santai

“Busyet dah, pinte...eee...rrrr...”

“Ya, gue kan gak hoby ngutak atik beginian tong!” Bela gue.
“Lu ada emang? Gue tanya balik

“Gak ada juga sih” *Hening.

Setelah gue debat panjang lebar dan nyobain segala macem cara mulai didorong baru mainin koplingnya. Tetep gak mau nyala. Temen gue si Maulana pun nyerah. Gue juga. Pasrah. Nunggu peri gigi dateng aja deh.

Tapi gue bukan tipe orang yang mudah putus asa. Gue coba lagi tuh dorong, sambil masukin gigi 2 teken kopling, lepas akhirnya nyala berebet, berebet gitu.

“Nah tuh hampir bisa tong!” Maulana teriak ke gue.

“Iya ini mau gue coba lagi. Dorongin dong!.”

Gue dorong lagi sambil masukin gigi 2 teken kopling, lepas. Akhirnya mau nyala juga si tarno. Walaupun harus di gas gede dan brebet-berebet gitu suaranya. Gue tetep gas. Sampai gue yakin udah bisa nyala normal lagi gue lepas. Gue matiin dan gue nyalain, dan keajaiban itu datang. Si kampret tarno udah gak ngambek lagi.

Udah nyala nih, mungkin dia tadi kepanasan kali ya? Gue menggurui maulana.

“Syukurlah, lain kali bawa kipas angin ya. Yaudah gue balik dulu. Selamat nge-date midnight nya yhe, buruan pulang sebelum dia ngambek lagi.” sambil nyetater motornya maulana balik.

“Siap broh! Laksanaken! Thanks ya udah bantuin gue”

“Ah biasa aja kali” Maulana cabut. Cabut bulu idung, lalu menghilang dibalik kegelapan. Mungkin dia catwomen. Apasih.

Gue balik samperin si Mulan tadi.
“Gimana? Masih mau ke alun-alun?” Gue sambil nyengir.

“Gak ah, udah gak mood. Pulang aja yok!”

(dalem hati) “YESS! Ini yang jawaban yang gue mau.”
“Emh, oke lagian udah mau pagi nih, kapan-kapan aja lagi ya” Gue sambil masang wajah lugu.

Sambil berdoa berharap tarno gak rewel lagi di jalan gue berhasil nganterin Mulan ke kontrakannya. Gue buru-buru cabut balik ke kos. Udah capek di buat jengkel sama tarno tadi.


Itu tadi segelintir dari banyaknya kisah permogokan si tarno. Malem ini dia lagi-lagi mogok, bensinnya mengucur dengan khidmad lewat karbunya. Dari pada kebuang sia-sia mending gue tadah di botol. Gue minta tolong sama si ichsan tadi nyari sedotan sama botol buat nampung bensin tarno.

Sambil nungguin lumayan lama gue bilang ke Ichsan.

“Eh, lu kalau mau balik gak papa kok. Kasihan tuh tahu telor lu di kosan!”

“Ya gak gitu juga lah. Lu pulang ntar gimana? Gue bantuin dorong ya?” Bales ichsan.

“Udah gausah deh, biar gue aja.” Gue sok tegar, padahal lagi rapuh ngelihat nasib tarno yang mogok-mogok mulu.

“Yaudah gue balik dulu ya” Jawab ichsan.

“Oke, makasih ya bro!” Jawab gue.

Hampir sejam lebih gue nungguin bensin yang gue tadah ke botol tadi. Banyak emang, gue inget kemarin abis gue isi penuh dan abis itu gak ada gue pake jalan jauh. Jadi masih banyak banget.

Setelah gue rasa tinggal dikit gue tutup botol-botol berisi bensin tadi dan gue masukin ke tas. Gue dorong tarno ke kos. Gue nyoba lewat jalan pintas, gue lewat kompleks di belakang kampus ITN. Gue sambil mangap waktu ngelihat portal-portal di jalan situ udah di tutup. Masa iya gue kudu balik lagi ke jalan gede tadi sih. Di pojokan situ ada tukang satpam gue samperin.

“Pak tutupnya jam berapa sih ini portalnya?” gue penasaran.

“Jam sembilan mas..,!”

Gue lihat jam, sekarang udah jam 09.25 pm. “Gak bisa di buka bentar aja ta pak? Saya mau ke jalan itu tuh, mau balik ke kost. Kost saya di daerah ambarawa” gue sambil nunjuk-nunjuk jalan yang udah ditutup portal di pojokan komplek situ.

“Wah, gak bisa mas. Nanti yang lain juga minta gitu. Mas lewat sana aja” jawab pak Satpamnya sambil nunjuk jalan balik yang gue lewatin barusan.

“Yaudah deh pak, makasih!” Sial gerutu gue dalem hati.


Nyampe di kos lutut gue kopong (Dari dulu juga udah kopong, buat yang tau aja). Gue ngerasa dengkul udah dislokasi ke perut. Kaos udah penih keirnget aja. Busyet dah, capek banget. Tarno kampret!
Previous
Next Post »

5 comments

Click here for comments
4 January 2015 at 09:38 ×

Mogok mungkin gara2 tutup pentil bannya kurang kenceng bro.

Balas
avatar
admin
5 January 2015 at 04:39 ×

Gak salah emang ya lu kuliah di jurusan otomotif. *Aplouse. |o|

Balas
avatar
admin
10 January 2015 at 10:10 ×

Resiko pengendara salah satunya ya itu. Ngambek kali motornya suka dicampakkan. (Nyambungnya dimana cob).
Anyway, baru pertama kali main kesini nih. Salam kenal ya. :D

Balas
avatar
admin
10 January 2015 at 17:07 ×

Hyuh, dicampaakan? Kurang diimunisasi dong. (Nyambung darimana jugak)
Yipi, selamat dateng, salam kenal jugak.
Silahkeun kapan2 berkunjung lagi yak :)
Thanks

Balas
avatar
admin
11 January 2015 at 00:42 ×

Yaudah yuk bawa ke posyandu aja. (Malah ngiklan)
Pasti :)

Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar, semoga akan dihitung sebagai amal kebaikan ketika hisab di hari akhir nanti. Apasih. Terserah, tapi sempetin komeng ya kalau bisa :)
© 2015 Lalank Pattrya Mahera. Design by Kiki Dee