Keluar Kotak Yuk!

Mas lank, lain kali kita pindah ketempat lain dong rapatnya. Bosen nih disini terus”

Bosen. Ya, apapun yang kita lakuin berulang-ulang walaupun itu menyenangkan menurut kita, lama-lama pasti bisa bosen juga. Bosen itu menurut gue sebuah anugerah dari tuhan buat manusia. Malaikat gak punya rasa bosen, karena mereka gak punya nafsu. Btw, bosen itu nafsu bukan sih?

Sering gue denger temen gue waktu kuliah ngeluh, “Yah ketemu dosen ini lagi”. Gue iseng tanya kenapa, dia jawab: “Bosenin orangnya, bikin ngantuk”. Bener juga, si dosen ternyata dari semester awal gue ketemu sampe sekarang gue semester akhir, metode belajarnya ceramah mulu. Bosen dengernya.

Dalam hal hubungan pun sebenernya selalu ada kebosanan itu. Emang sih kalau di awal-awal pacaran semuanya berjalan baik-baik aja. Pasangan selalu terlihat perfect di mata. Udah jalan tiga bulan. Tuh, mulai dateng biasanya bosennya. Biasanya pasangan yang mampu ngelewatin tahap-tahap ini akan berlanjut kebulan-bulan berikutnya. Biasanya juga mereka itu pasangan yang kreatif, punya siasat-siasat kreatif buat ngatasin kebosenan tadi.

Kembali ke awal tadi. Di organisasi kampus beberapa temen gue ada yang ngalamin kebosenan juga. Semisal masalah tempat ngumpul (rapat). Tempat ngumpul yang tiap hari disitu-situ aja bisa menimbulkan bosen loh. Kalau udah bosen biasanya kita jadi males buat dateng, atau ikut ngumpul. Hal yang paling mengerikan lainnya yaitu kreatifitas jadi mati kalau masih terus dipaksakan.

Kalau udah kreatifitas mati, inovasi-inovasi baru gak akan muncul. Parahnya lagi anggota jadi ilang satu per satu. Imbasnya, tujuan organisasi gak tercapai. Selama ini kita terjebak sama pemikiran-pemikiran kolot kita sendiri. “Biasanya juga disini kok, lagi pula ngapain ribet-ribet nyoba tempat baru, toh sama aja kan?!”

Gak, gak sama kalau menurut gue. Selama ini kita kolot kurang mendengarkan masukan-masukan dan berfikiran terbuka kepada orang-orang yang punya keluhan tadi. Padahal dengan mendengarkan tiap masukan dan berfikiran terbuka, warna baru akan hadir. Pernah bayangin kalau dunia ini cuma hitam-putih aja? Pelangi aja indah karna berwarna-warni kan?

Beberapa perusahaan gede kaya Google, Facebook, MTV, Kaskus udah jadi contoh kalau lingkungan yang terbuka justru akan menghasilkan kinerja karyawan semakin naik keatas. Tentunya, terbuka disini maksudnya bukan terbuka ruangannya. Gak ada dindingnya, kerja dialam liar bareng babi hutan, landak, singa bukan, bukan gitu. Maksudnya menerima setiap ide-ide kreatif dari karyawannya guna menghasilkan lingkungan dan suasana yang kondusif.

Kemarin, gue bareng temen-temen di salah satu divisi keorganisasian gue nyoba “iklim” ngumpul yang beda. Yang biasanya di dalem kampus, ditempat yang itu-itu aja dengan suasana yang gitu-gitu aja kami nyoba ubah. Gak usah ribet-ribet, gak usah bingung-bingung sebenernya. Tinggal mau apa gak-nya, buat ngubah mindset yang selama ini.

Kebetulan di depan kampus gue ada taman yang baru jadi. Belum ada tiga bulanan diresmiin sama pak walikota. Awalnya hutan kota, tapi berkat kreatifitas pak walikota disulap jadi sesuatu yang menarik. Taman kunang-kunang. Ya, Kota Malang sekarang nambah satu lagi taman-nya. Jadi gausah bingung buat kamu kalau lagi bete, bosen, pingin refreshing, karena banyak taman kota dengan berbagai konsep yang siap menerima kamu apa adanya di Malang, gak peduli kamu jomblo, galauan, ngupilan semuanya boleh nikmatin.

Kami janjian ngumpul di hari minggu pagi jam 10. Temen gue bawa alas buat duduk. Ternyata emang beda. Gue ngerasa atmosfer yang beda. Ngerasa lebih fresh gitu, ngelihat sekeliling pohon-pohon. Sempet gue peluk juga (ketara jomblo). Udara pagi yang bener-bener kaya baru diproduksi sama pohonnya. Sinar mentari pagi yang malu-malu masuk ikut ngumpul bareng lewat celah-celah daun.

Gue ngelihat temen-temen juga pada enjoy. Kami semua enjoy, makan bareng, minum bareng, bercanda bareng, tuker ide bareng, semuanya berasa piknik. Gak membosankan.


Jadi, selama ini kita susah banget buat keluar kotak atau istilahnya berfikir out of the box. Buat keluar dari kebiasaan. Ngubah paradigma lama “Kalau udah gini yaudah gini aja, gausah di aneh-anehin”, “Biasanya juga gini kok”, “Duh, ngapain ribet-ribet”. Buat temen-temen semua yuk selalu berfikiran kreatif, cari cara-cara menyenangkan. Jangan cuma ngikut “pakem” yang selama ini seolah-olah memaksa “untuk” dan “harus” diikuti apalagi membatasi.


Previous
Next Post »

11 comments

Click here for comments
25 April 2015 at 19:21 ×

Di Surabaya juga ada taman yang namanya taman kunang-kunang juga. Tapi heran kok gada kunang2nya sih tuh taman, di Malang gimana taman kunang2nya?
Btw, emang bener sih kita kudu pinter main mindset buat out-of-the-box biar gak cepet bosen. Apalagi aku, orangnya bosenan.

Balas
avatar
admin
25 April 2015 at 22:52 ×

O ini taman yg didepan gerbang semarang ya lank ..??

Ya titik jenuh mah selalu ada .. bahkan gue hampir "mati" gara2 ngalamin kejenuhan yg menurut gue akut banget .. tapi setelah nglakuin hal yg baru ,, adrenalin juga ikut terpacu + rasa jenuh semakin menghilang ,,,
bener kata lo .. harus berani "out of the box" .. keluar dari zona nyaman

Balas
avatar
admin
26 April 2015 at 11:57 ×

Kalau di Malang konsepannya bagus kalau malem, lampu-lampu gitu. Tiap beberapa menit mati-nyala gitu mirip kunang-kunang. Main ke malang :)

Balas
avatar
admin
26 April 2015 at 12:02 ×

Yuhui.. depan kampus :))
Coba ngelakuin hal-hal yang selama ini gak biasa kita lakuin aja, bakal banyak hal baru yang kita dapetin.

Balas
avatar
admin
1 May 2015 at 09:10 ×

owh taman kunang-kunang :o kirain taman remang-remang :D

Balas
avatar
admin
3 May 2015 at 23:04 ×

Siaaaap, Kak! Bakal nyoba terus kreatif, deh! ;D

Balas
avatar
admin
4 May 2015 at 13:37 ×

Suip, lanjutkeun (y)

Balas
avatar
admin
4 May 2015 at 18:19 ×

Dosen yang ceramah mulu emang ngebosenin yak. Gimana tuh sama pasangannya? Jangan-jangan gitu jugak. Mihihihi :P

Ah.. Kalok uda refreshing sih kayaknya nih otak bakalan kecharge sampek penuh :D

Balas
avatar
admin
5 May 2015 at 19:51 ×

Refreshing sama pacar, iya. :D

Balas
avatar
admin
15 May 2015 at 17:59 ×

Yang mana pacal kamu, Lank? :P

Balas
avatar
admin
22 March 2016 at 00:04 ×

Artikel yang sangat berguna, terima kasih admin :))
Kunjungi balik juga ya
http://clayton88.blogspot.com | http://informasiberitatop.blogspot.com | http://bit.ly/1sUU8dl | http://Agensbocasino.com | http://goo.gl/OraDLz | http://informasiberita.info | http://goo.gl/RkuB4G | http://Bandarbola138.com | http://goo.gl/8rM20b | | http://M138.net | http://goo.gl/5dAkJO | http://clayton88.blogspot.co.id | http://www.prediksibolajitu.online

Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar, semoga akan dihitung sebagai amal kebaikan ketika hisab di hari akhir nanti. Apasih. Terserah, tapi sempetin komeng ya kalau bisa :)
© 2015 Lalank Pattrya Mahera. Design by Kiki Dee