Liburan

Tulisan ini gue tulis waktu gue gak bisa tidur. Beberapa jam yang lalu gue barusan nyampe Malang lagi. Liburan lebaran kali ini gue pulang ke kampung. Setelah 2 tahun gak pulang akhirnya bisa kembali ke kampung halaman juga. 



Banyak hal yang berubah. Pohon kelapa di samping rumah yang dulu gak niat idup ternyata waktu gue pulang udah berbuah. Malah, tiap sore kita buka pake itu. Indomart juga udah ada di tempat gue. Wifi.id juga udah ada. Pasangan aja yang belum ada. Lumayan banyak lah. 

Sebagai mahasiswa rantau yang lumayan jauh, gue gak bisa seenak jidat pulang-pulang kampung kaya temen-temen yang mayoritas cuma beda kota sama kampus. 

Momen pulang kampung gue anggap hal yang sakral. Perlu upacara khusus. Biasanya gue bakal gak mandi beberapa minggu sebelum kepulangan, biar kelihatan gede aja badan. Gede sama daki. Daki gunung. Gunung dua. Dua mata saya. Saya ganteng. Ini apa sih?!

Sebagai momen yang langka dan gak bisa seenak jidat gue lakuin, penginnya waktu balik digunain sama hal-hal yang gak bisa gue lakuin disini.

Awalnya gue sempet males pulang. Alesan yang pertama ongkosnya mahal. Tiap kali balik gue kudu naik pesawat. Ongkos naik pesawat bisa buat biaya hidup beberapa minggu atau buat ngelakuin hal-hal lain yang lebih manfaat disini. Kedua, gue terkadang bingung juga kalau sudah pulang. Bingung sama apa yang harus gue lakuin. Dirumah nganggur. Lontang-lantung. Paling-paling bantuin ibu masak. Itupun palingan gue bagian kupas bawang. Atau bantuin ibu jahit. Biasanya gue bagian pasang kancing kalau baju udah kelar dijahit, terus wajib mandi kalau dirumah, sama wajib bangun pagi huhuhu. Ini siksaan bagi orang tamvan yang tak perlu mandi kaya gue.


Udah gede dirumah lontang-lantung itu beban mental cuy. Beban perasaan juga. Tunggu, tunggu, mental sama perasaan apa bedanya ya? Mungkin gue aja ya yang terlalu baper, tapi kadang gue mikir “Duh, gue udah gede kok lontang-lantung sih, cari-cari kerja atau kesibukan kek, tapi apa ya? Duh, mending gue tidur aja kalau gini?” (Ujung-ujungnya ketiduran beneran)

Kalau dirumah itu bener-bener istirahat total. Di tempat gue mah sepi gak rame kaya di Malang. Mau nongki-nongki banyak tempat, mau maen sama temen-temen banyak komunitas, mau pacaran... nah ini , belum keturutan.

“Lah, emang temen-temen lo pada kemana, lank?”

Oke, asal kalian tau, gue SD pindah 3 kali. Temen-temen SD sebagian inget, dan sebagian lagi udah pada lupa. Soalnya baru kenal, mau maen bareng, eh udah keburu pindah lagi, pindah lagi. Temen se-SMP gue kebanyakan juga jadi temen di SMA. Temen SMA kebanyakan udah pada nikah cuy, ada yang kerja, ada yang kuliah. 

Gue kalau pulang? Sendirian. Soalnya kampus gue paling cepet liburnya. Apalagi udah pada semester akhir gini, temen-temen yang kuliah juga udah pada sibuk sendiri-sendiri. Temen-temen yang pada kerja kalau belum deket hari raya juga belum pada pulang. Temen-temen yang udah kawin juga pada sibuk. You know lah.

Buat kalian yang masih bisa kumpul sama temen-temen SMA dan masih bisa kompak, bersyukur ya. Sekolah gue beda. Sekolah gue terpencil, gak di kota kaya kalian yang sekolahannya punya almamater sendiri buat bisa dibangga-banggain. Jangankan almamater, ada seragam aja udah syukur.

Lanjut ke adik gue. Tahun kemarin dia main ke Malang dan tahun ini ketemu lagi di rumah. Banyak yang berubah. Tiba-tiba tingginya udah hampir ngalahin gue. Suaranya juga udah kaya bass betot gitu. Udah gak terlalu nakal lagi. Dulu jengkelin banget, tapi sekarang malah ngangenin,. Heheu. Percayalah sejengkel-jengkelnya kita sama ulah adek sendiri pasti gak akan lama. Eh, 1..2 jam udah ketawa-ketiwi lagi. 

Kebiasannya masih gak berubah. Depan lapy, mainin kucing, mainin ayam, gak mau makan sayur, kalau pake baju pilih-pilih, takut disunat padahal udah SMP kelas 2, kalau disuruh mandi susah. Sekarang di tambah sering sakit gigi, akibat kalau disuruh gosok gigi paling malas dia hhahaha. 

Kita mulai liburan maren kemana sama ngapain aja.

1. Mainin Kucing.




Kucing kampung satu ini kayanya dari dulu gak pernah berubah kebiasaannya. Kalau lagi laper main ke rumah. Sambil masang wajah gembel dan memelas dia akan pura-pura merintih kelaparan. “Meong...meoonnnggg”  Nah itu berarti tandanya dia laper. 

2. Si “Kokok”.




Ayam potong ini dulu sebelumnya juga pernah punya. Ini sudah generasi ke dua. Di samping rumah ada kandang ayam, kadang gue bingung mana bedain yang mana rumah gue. Lumayan banyak ada ayam potong, ayam kampung, ada bebek juga. Lumayan rame lah. Entah gue paling suka binatang buat dipiara itu ayam sama kucing. Kalau kucing kan jelas tuh lucu, ayam juga gak kalah lucu kok. Liatin tuh wajahnya. Tirus. Matanya disamping. Bibirnya keras gitu. Kasihan gak bisa ketawa kalau liat yang lucu-lucu hihihi. 

3. Main sama temen.
Ini waktu lebaran main ke tempat Shinta. Awalnya gue gak ada kerjaan ngajakin si Andi main ketempat wia. Eh, si Andi liat IG-nya sinta lagi buat kue brownis, dengan modus lebaran kita pun melipir kerumah dia. Shikat...




Ini lagi iseng gak ada kerjaan. Sebelumnya gue ngehubungin Siska udah ada dirumah belum lewat fb soalnya dia kuliah di Solo. Eh taunya udah pulang, yaudah main kerumahnya terus jalan-jalan-jalan kepantai deh. Padahal gue udah bosen sih kalau main ke pantai. Di Malang kalau main ke pantai terus. But, buat seru-seruan aja. Masih inget banget waktu di rumahnya kemarin gue numpahin kripik pas Siska ngambilin kita minum. Si Diman temen gue yang jadi sasaran.






Beberapa temen gue dengan versi karakternya:

- Hadri. Temen gue dari SD, SMP, SMA dan gak tau sampe kapan lagi hehheeu. Gokil, woles, kadang gak jelas bareng. Masih inget dulu waktu di SD tiap hari naik sepeda bareng sampe kulit gosong. Anak sekarang mah udah deket pada pake motor kalau gak dianterin. Cemen.
- Wiwi. Temen dari SD, SMP, SMA gak bareng soalnya dia di balikpapan. Kalau dia liburan dan pulang kerumah dari balikpapan pasti main kerumah. Soalnya sama-sama gak ada temen di rumah. Hahah. Dia juga temen maen sepeda dulu bareng hadri. Sama-sama gosong juga. Gelap dikit udah gak kelihatan kami berdua.
- Andi. Temen dari SD, SMP, SMA dan gak akan berakhir. Jomblo (kayanya). Ndi, kalau baca ini klarifikasi status lu ye. Kalau lagi liburan dari kuliahnya di Samarinda kita pasti main bareng. Lagi, lagi kita sama-sama kesepian. Pas SD ini anak paling rapi dah. Buku selalu rapi disampulin, kesekolah bawa susu di botol gak kaya gue dah.
- Diman. Punya pacar ngakunya jomblo. Gue sumpahin jadi jomlo beneran. Sempet kuliah di jogja dulu gue pernah numpang liburan juga disana, sekarang kerja di PLN. Temen nge-band dulu waktu SMA, temenan mulai SMP, sering main kerumah, ortu juga sering komunikasi, kayanya kita bakal lanjut ke pelaminan. Lah! FYI, Diman itu cowok cuy.
- Natsir. 
Susah deskripsiin orang satu ini. Hahaha, kenal mulai dari SMA. Suka komputer. Mirip homo. Sering gak jelas bareng. Suka gratisan kaya gue. Jomblo, kaya... Kaya... Lupain. 

Sebelum balik dompet gue ilang di sana. Akhirnya gue tunda kepulangan gue seminggu buat ngurusin semua surat-surat yang ikut ilang didalam dompet. Ngurusin KTP, ATM, SIM dll. Fyuh. Semoga orang yang nemuin dompet gue diberi hidayah buat balikin.

Akhirnya gue balik juga ke Malang. Lumayan dapet tiket garuda agak murahan. Heheheu. Kalau naek garuda biar pun deket dapet makan. Tapi dalemnya daging sapi gitu, ya gak gue makan. Soalnya emang gak makan yang berkaki empat :')

Mbak pramugarinya baik



Dan, sampe malang penyakit gue kumat lagi. Kedinginan. Perut mual-mual semacam masuk angin. Fyuh... lama juga ya ternyata gue gak update blog ini. Semoga kedepan bakal lebih random dan gaje lagi. Bye-bye muach, muach, muach. Maafin salah gue selama ini yeah... 
Previous
Next Post »

4 comments

Click here for comments
4 August 2015 at 19:53 ×

bagus juga ceritanya.

Balas
avatar
admin
23 September 2015 at 14:00 ×

Artikel yang sangat berguna, terima kasih admin :))
Kunjungi balik juga ya
http://clayton88.blogspot.co.id | http://informasiberitatop.blogspot.com/ | http://goo.gl/eQV9d3 | http://bit.ly/1sUU8dl | http://goo.gl/CI4bLf | http://goo.gl/lNMX3D | http://bit.ly/1NM7v7j | http://goo.gl/cAQcMp | http://goo.gl/97Yn1s | http://bit.ly/1SBm0g2 | http://goo.gl/tw2ZtP | http://goo.gl/RkuB4G | http://goo.gl/8rM20b

Balas
avatar
admin
23 August 2016 at 23:28 ×

Artikel yang menarik, kunjungi balik blog kami ya :)

http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ |
http://informasiberitatop.blogspot.com | http://www.layardewasa.top | http://http://pkcinema.com | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1sUU8dl | http://bit.ly/1ZIdBJv | http://bit.ly/1YjeNnK | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1UobCKp | http://bit.ly/1S0ZSYr | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1UL7Ia5 | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1YjeNnK |

Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar, semoga akan dihitung sebagai amal kebaikan ketika hisab di hari akhir nanti. Apasih. Terserah, tapi sempetin komeng ya kalau bisa :)
© 2015 Lalank Pattrya Mahera. Design by Kiki Dee