#SMS: Semester Susah Senyum

PLIS..!, sekali lagi PLIS! Jangan tanya lagi, gue kemana aja selama ini. Udah beberapa bulan ini lumayan jarang banget gue nge-blog. Dan parahnya lagi setiap kalimat pembuka postingan yang gue post beberapa bulan belakangan ini isinya hampir mirip sama kalimat pembuka postingan ini. Bingung? Iya gue juga bingung, selaw aja.


Liburan kemarin berasa singkat banget waktunya. Gak terasa udah mulai masuk lagi. Kampus gue yang kaya biasanya "selalu didepan" (Baca: masuk duluan), udah akif perkuliahan mulai tanggal 18 kemarin. Tepat setelah 1 hari setelah peringatan kemerdekaan. MERDEKA! MERDEKA! MERDEKA! 

Seperti biasa, sebelum kuliah tiap mahasiswa ngerencanain kartu rencana studi-nya masing-masing atau istilah gaulnya KRS-an. Ini momen-momen kampret biasanya. Mulai dari portal Siakad kampus yang down karena kelebihan beban, internet putus-putus, dan buat gue yang udah mahasiswa tua (gak usah disebutin ya semester berapanya, sensitif) ini terkadang harus rebutan kelas sama para adik-adik maba yang unyu-unyu itu. 

Kenapa begitu? Ya emang kenyataanya gitu. Di jurusan gue, gak lulus beberapa mata kuliah itu sudah hal yang pasti. Sama kaya garam itu asin, kentut itu bau, Raisa itu manis, dan mantan itu ngangenin. Dan gue semester ini ada ngulang lebih dari satu mata kuliah. Yohoooiii, hebat kan. Matamu!

Ada yang mata kuliahnya sudah dihapus dan gue belum ambil, nah loh. 

"Maksudnya gimana itu mas lank"

"Oke, baik. Karena gue orangnya baik biar gue ceritain hal-hal tidak baik gue"


Berawal dari rumor kakak tingkat sewaktu gue kuliah, ada mata kuliah ... sebut saja nama mata kuliahnya "move on" (disamarin biar gak ada yang tau). Nah, mata kuliah move on ini ada di semester 3. Dan dari rumor kakak tingkat gue, dosen mata kuliah itu killer banget. So, waktu semester 3 gue gak program itu matkul. Gue takut. Setelah semester berjalan dan selesai, ternyata benar apa yang dikatakan kakak tingkat tadi. Satu kelas yang lulus cuman  empat orang. Mantap!

Karena itu mata kuliah semester ganjil (semster 3) so, kalau mau ngulang atau program lagi kudu disemester ganjil berikutnya ( semester 5). Waktu semester 5 gue ambil mata kuliah move on tadi itu. Gue berani ambil karena dosennya udah beda. Usut punya usut setelah gue selidiki lebih dalam lagi, ternyata dosen yang ini sama killernya. Bahkan lebih killer. Bisa dibilang dia pembunuh berdarah dingin. 

Waktu itu gue ber-enam kalau gak salah, sama temen sekelas ngulang mata kuliah itu. Minggu pertama gue masuk ke kelas. Suasananya bener-bener kaya lagi diruang bedah saraf. Hening. Minggu kedua gue bolos kuliah, dari pada mati membeku di kelas fikir gue. Minggu ketiga, waktu gue sama si Maul (temen gue, yang juga ngulang) mau masuk kelas move on tadi, didepan fakultas gue ketemu sama Syamsul, temen gue yang ngulang juga. Dia senyum sumringah mandangin kami berdua. Wajahnya kelihatan berbunga-bunga. Bunga bangkai. Gue tanyain dia:

"Kenapa bro, lo senyum-senyum gitu? Suka lo sama gue?"

Sambil sumringah, Syamsul bicara ke arah gue "Aku baru ngapus mata kuliah move on bro. Gak sanggup aku. Dari pada gak lulus ntar malah ngerusak IP". Wajahnya bener-bener sumringah, kaya baru diterima habis nembak cewek.

"Anjir..." Gue nengok ke arah Maul. Gak banyak bicara gue bergegas ke bagian akademik, buat ngapus matkul move on tadi juga.

"Loh, kenapa mas? Kok dihapus?" Ibu-ibu bagian akademiknya nanyain ke gue.

"Eh, anu, itu, itu loh buk... bentrok sama jadual praktek saya" Sambil terbata-bata gue nyari-nyari alasan.

Abis gue sama Maul nge-hapus matkul move on yang dosennya nyeremin tadi gue keluar dari fakultas dengan wajah sumringah juga. 

"Akhirnya kita bisa senyum lagi ya.." Gue ngomong ke arah Maul.

"Iya..." Maul jawab singkat.

Kami berdua keluar dari pintu fakultas dengan rambut terurai seolah-olah kami baru keramas dan di depan ada kipas angin. Kami berdua geleng-gelengin kepala dengan gerakan slow motion biar tambah dramatis. 

Gue, Maul, sama Syamsul masih merayakan kemenangan kami tiba-tiba ada Rudi sama Bagus datang. Mereka temen kelas gue yang ngulang juga. Mereka nanyain:

"Loh kalian kenapa gak masuk? Bukannya ini udah jam-nya ya?"

Kami bertiga saling bertatapan dan jawab serentak 

"Ngapainnnn...?" 

"Kami baru aja ngapus matkul laknat itu bro" Gue nambahin.

Rudi sama Bagus yang imannya lemah akhirnya tergoda. Mereka ikut ngehapus juga. Apes temen gue yang satunya, si Idris. Dia udah masuk kelas duluan. Jadi kami gak sempet ngajak dia buat ngehapus matkul itu. Kabar terakhir yang gue dapet, dia ujung-ujungnya gak lulus lagi. #Pray4Idris

                                                       ===== Tamat =====

Nah itu tadi cerita mata kuliah move on yang brengsek banget. Dan di semseter ganjil sekarang (semester 7) mata kuliah itu udah gak ada. Udah dihapus diganti yang baru, karena kurikulum baru! Nah loh. Gue ngambil aja belum, matakuliahnya udah gak ada. Akhirnya kaum-kaum yang tidak lulus tadi ngajuin semacam "petisi" gitu ke jurusan buat buka kelas khusus. Kalau gak gitu mau dikemanain ribuan orang yang gak lulus ini. Gak, sampe ribuan juga sih gue aja yang lebai. Orang di Jurusan gue cuma ada tiga kelas, dan masing-masing kelas gak lebih dari 40 orang aja kok. 

Akhirnya ada kelas khusus dengan dosen yang (sepertinya) bersahabat. Semoga saja gitu. Dosennya cewek, masih mudah. Beh! Yang kaya gini itu langka banget di jurusan gue. Perbandingannya bisa 1 : 100. Bayangin aja tuh. Udah mahasiswanya cowok semua dosennya cowok juga, jadi tiap ada dosen cewek apalagi masih muda, baik pula ngasih nilainya, itu udah kaya malaikat. Gue sering doain dosen yang kaya gini ini panjang umur. Seriusan. 

Semester ini butuh banyak energi banget. Gimana gak, di kartu rencana studi gue, total ada 23 SKS udah termasuk Tugas Akhir (TA), KKN, matkul lain, praktikum, ditambah SKRIPSI. Iya yang terakhir buat gue lemes banget. Sampe sekarang gue belum nemu mau neliti apa juga. Matilah gue. 

Iya sih semester ini udah jarang kuliah di ruangan kelas. Bahkan waktu gue kekampus aja udah pada gak kelihatan lagi temen-temen seangkatan. Cuma ketemu satu-dua aja. Itu yang buat gue sedih. Apalagi kalau udah dikantin, bener-bener kesepian banget. WOY! gue gak mau kaya gini terus.

Satu yang gue takutin. Besok gue kuliah matkul move on yang gue sebutin diatas tadi sama bu dosen cantik.

"Terus takut kenapa lank, dikasih dosen cantik kok takut?"

"Bukan gitu, masalahnya kuliahnya masuk jam pertama. Jam 7 pagi. Hyaaa tau sendiri gue susah banget bangun pagi, efek liburan ditambah hawa dingin-dinginnya kota Malang juga"

Oke, oke. Intinya gue lagi gelisah sekarang. Laporan kerja praktek, tugas akhir percangan konstruksi, skrispi, sama pendamping wisuda ntar siapa, udah muter-muter dikepala gue. 

Semangatin gue dong man-teman! 
Oke segini dulu deh curhatannya, gue mau istirahat. Besok masuk pagi cuy! Sakti bener gue bisa bangun pagi. Thanks udah baca, gue bakal sering-sering nulis lagi, makanya semangatin di kolom komen dibawah ya. Muach.
Previous
Next Post »

11 comments

Click here for comments
20 August 2015 at 05:31 ×

nikmatnya jadi mahasiswa tingkat atas begitu. hehee..

Balas
avatar
admin
20 August 2015 at 23:21 ×

Semangattttt

Wuahhh mau skripsi nih mas. Nikmatin aja skripsinya soalnya kalo udah lulus and kerja lama, biasanya sihhh bakalan kangen jaman jaman skripsi

Balas
avatar
admin
21 August 2015 at 01:32 ×

Haduh, jadi takut ngadepin semester akhir :3

Balas
avatar
admin
21 August 2015 at 05:45 ×

Yuhui.... katanya sih begitu. Ini lagi pedekate sama skripsi :)

Balas
avatar
admin
21 August 2015 at 10:10 ×

oke gue semangatin deh bang :D

Balas
avatar
admin
24 August 2015 at 14:55 ×

Sesama mahasiswa tingkat akhir, gue juga merasakan apa yang lo rasakan bro :(

#SaveMahasiswaTingkatAkhir

Balas
avatar
admin
25 August 2015 at 12:34 ×

Bahahah,, kapan wisuda bro?
#SaveMe

Balas
avatar
admin
5 September 2015 at 01:25 ×

Terima kasih atas info yang sangat menarik ini gan =))
Kunjungi balik blog DoFollow kami ya gan :D
http://clayton88.blogspot.com | http://goo.gl/lNMX3D | http://goo.gl/sCBswn | http://bit.ly/1NM7v7j | http://goo.gl/eQV9d3 | http://tinyurl.com/plzqfn6 | http://goo.gl/Ie7IEb | http://goo.gl/cAQcMp | http://goo.gl/tw2ZtP | http://bit.ly/1SBm0g2 | http://goo.gl/97Yn1s

Balas
avatar
admin
10 August 2016 at 23:27 ×

Artikel yang sangat menarik :D

http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ |
http://informasiberitatop.blogspot.com | http://www.layardewasa.top | http://http://pkcinema.com | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1sUU8dl | http://bit.ly/1ZIdBJv | http://bit.ly/1YjeNnK | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1UobCKp | http://bit.ly/1S0ZSYr | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1UL7Ia5 | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1YjeNnK |

Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar, semoga akan dihitung sebagai amal kebaikan ketika hisab di hari akhir nanti. Apasih. Terserah, tapi sempetin komeng ya kalau bisa :)
© 2015 Lalank Pattrya Mahera. Design by Kiki Dee