Internet? Gimana Ceritanya...?

Hallo, gue termasuk orang yang telat gaul

Oke, biar gue awali dengan... “Internet sekarang itu udah jadi kebutuhan primer”. Yah, emang gak semuanya sih, tapi sebagian besar masyarakat kekinian ya emang gitu. Internet udah jadi segalanya. Mulai dari sekedar baca berita, belanja, stalking mantan, stalking gebetan, stalking gebetan mantan, everything deh. 



Terkadang gue berfikir. Orang jaman dulu sebelum ada internet kayanya susah banget gitu ya kalau mau kepoin gebetan yang lagi disuka. Semua harus dilakukan manual. Mengendap-endap, diem-diem ngintipin dia dari luar rumah. Yang ada malah diseret satpam kompleks, dikira maling. 

Efek dari internet ini sendiri luar biasa besar menurut gue. Sosial media berkembang cepet. Berita-berita yang jauh dari luar sana bisa cepet kita tau, sampe berita-berita gak penting kaya yang sering kita temuin di timline twitter “Duh, kebelet boker” pun kita tau juga.

Gue mau sedikit flashback tentang awal mula gue kenal sama internet. Di negeri antah berantah tempat gue tinggal (Baca: Kalimantan) disitulah ceritanya bermula. Biar gue ceritain, mari...

Jadi, gue termasuk orang yang mungkin paling cupu, paling kudet, paling ganteng, paling jomblo, paling telat kenal sama internet. Berawal waktu gue kelas 2 SMP akhir, awal-awal masuk ke kelas 3 SMP sih. Gue penasaran sama apa itu yang namanya INTERNET. 

Waktu itu gue masih inget ada iklan di TV yang meranin si Aming (Entah kalian masih inget apa gak), jadi waktu itu ceritanya si Aming lagi kebingungan nyari kambing peliharaannya gitu kalau gak salah. Terus di ending iklannya dia bilang “Kan ada internet....” itu kalimat yang paling gue inget sampe sekarang.

Dari situ gue iseng ngutak-atik hape nyokap. Penasaran. “Internet itu apaan sih? Gimana sih?”. Waktu itu hape nyokap masih Sony Ericsson K310i. Itu hape paling canggih di keluarga gue. Ada kameranya, ada batrainya, bisa nelfon, fitur unggulannya infra red. Yang kalau buat  ngirim data kecepatannya 3 Kb/detik. Bayangin aja kalau hape itu sekarang dibuat ngirim JAV yang gedenya rata-rata 1,2 GB bisa kelar berapa hari tuh. Belum lagi kalau kena senggol, ke-cancel deh. Yang ada gue kena azab duluan.

Jadi gue iseng-iseng utak-atik setingan GPRS HP nyokap, terus buka ikon internet di HP itu. Gagal. Gue ulang terus. Namanya penasaran. Gue buka lagi browser bawaan HP K310i tadi berulang kali sampe pada akhirnya diatas ada icon bumi warna hijo bulat-bulat yang berputar. Pertanda kalau udah conect

Dari situ kebuka google. Gue lupa apa yang gue ketik pertama kali di google waktu itu. Kalau gak salah sih gue ketik “Spongebob”, kalau gak salah. Terus disitu muncul gambar-gambar Spongebob dkk. Gue seneng banget. Adek gue juga gak kalah seneng. Kami berdua nari piring diiringi lagu injit-injit semut, merayakan keberhasilan gue barusan.

Keesokan harinya disekolah, gue cerita ke temen-temen. Sebelumnya selain penasaran sama iklan di TV tadi, motivasi gue buat kepo sama yang namanya internet berasal dari temen gue juga. Dia lebih tau duluan. Malah dia cerita ke gue, “Di internet itu semua ada, bro. Kamu mau cari apa aja ada” dia juga ngasih link buat downlod game ke gue. 

Waptrick. Yap itu situs yang paling keren menurut gue waktu itu. Gimana nggak keren coba? Gue bisa bebas milih dan download game, lagu, bokep yang waktu itu kalau mau ya harus ngisi di counter. Ngisi lagu, game di counter tempat gue waktu itu lumayan mahal. Satu lagu seribu, itu aja cuma lagu yang monophonic. Yang cuma suara tet..tet...tet.. Gitu,. File midi. Eh, kalian ngerti sama yang gue bicarain gak sih? Udah setua itu kah gue? hehehe.

Pokoknya gitu lah intinya. Kelas 3 SMP waktu itu tahun 2009. Yap, gue sekatrok itu. Bayangin aja bang Radith udah mulai ngeblog dari 2003 kalau gak salah, gue 2009 baru kenal internet. 

Gue gak sempet nyobain friendster. Jujur. Bener-bener yah, ndeso amat. Waktu awal kenal internet yang gue tau cuma dowload game, lagu, di waptrick, udah. 

Baru pas awal-awal SMA gue dibeliin Notebook. Toshiba NB205. Sekarang masih ada. Gue wariskan ke adek. Itu notebook udah penuh kenangan banget. Jatuh bangun sama dia. 

Dari situ gue belajar internetan di Notebook, lewat PC Suite Nokia. Enak aja, gak langsung bisa conect waktu itu. Setelah tanya sana, tanya sini akhirnya bisa juga connect. Tapi waktu itu gue gak tau, settingannya yang salah atau gimana. Karena menurut gue, internetan pake PC suite itu boros banget. Pulsa cepet abis. Gue berasa di palak, tapi gak ada orangnya.

Disini gue mulai kenal sosial media, Facebook. Pertama buat akun lewat hape K310i tadi. Daftarnya pake nomer hp. Belum kenal email. Keren kan. Gak tau sekarang, masih bisa gak daftar FB pake nomer hp. Atau sekarang harus bawa KK sama KTP?

Gue masih inget pertama kali buat email waktu itu pas ada om-om dari operator selular yang benerin tower, nginep dirumah. Kebetulan waktu itu notebook lagi rusak. Semalaman dibenerin sama dia. Terus paginya udah beres, gue di buatin email. Eitss, gue waktu pertama buat email gak alay loh. Waktu itu gue sadar kalau email itu penting, jadi gue pake nama asli lalankpattrya@yahoo.com sampe sekarang masih aktif kok emailnya. Kalau kalian mau curhat, tanya ramalan, kirim santet, tanya kabar mantan, atau sekedar say hello boleh banget kok.

Gue baru mulai main twitter di tahun 2011 awal. Sekitar tahun segituan juga gue mulai ngeblog sampe sekarang. So, gue bisa dibilang noobs banget lah. Dan akhirnya sampe sekarang gue masih main twitter, blog, terkadang facebook juga. 

Itu tadi sedikit cerita pertama kali gue kenal internet. Mulai download game, lagu-lagu bajakan di waptrick, main facebook dimana gue udah dua kali ganti akun. Soalnya gue sadar, gue pernah alay dan terlalu banyak stranger yang gak gue kenal di akun facebook lama. Jadi gue memutuskan untuk hapus akun itu terus buat akun facebook lagi. Kemudian mulai beralih main twitter, dan ngeblog sampe kenal banyak blogger-blogger keren kaya kalian yang lagi baca tulisan ini

Yang jelas banyak banget manfaat positif dari segala kemudahaan internet saat ini. Dengan kemudahan akses melalui gadget-gadget canggih juga  didukung sama jaringan 4G yang lebih cepat.

Tapi sadar gak sih, kalau disetiap perkembangan jaman termasuk internet gitu selalu jadi dua mata pisau. Dimana ada sisi positif sama negatifnya? Coba temen-temen share dong, apa aja dampak positif sama negatifnya... 

Sekalian berbagi pengalaman pertama kali kenal internet gimana :))

Thanks yang udah sempetin baca sejauh ini, peluk atu-atu. ({})




Previous
Next Post »

14 comments

Click here for comments
16 December 2015 at 09:01 ×

masih primitifan aku berarti lank, kau kelas 3 SMP, lha aku SMA baru kenal internet tahun 2010 baru mulai belajar, 2011 baru mulai ngerti dan langsung buat email, facebook, twitter, blogg. emailku pertama juga gak alay pake nama asli sampe sekarang masih aktif, gak cuma email sih semua juga facebook, twitter, blogg.
2011 muali ngeblog tapi ya cuma nulis posting udah, banyak yang berkunjung tapi gak koment kebanyakan si materi/tugas kuliah ku posting. kalo yang ini baru kemarin buat blogg lagi, dan juga kenal sama blogger-blogger yang keren termasuk yang ku komentari ini. *haduuhhh malah cerita ini.

internet itu emang penting tapi emang bener ada positif sama negatifnya. dan jaman sekarang udah enak apa-apa online.

Balas
avatar
admin
16 December 2015 at 20:31 ×

Wihuhuhi dibilang keren. Tersanjung saya. Hehehe. Wah,wah, kayanya kita sama2 telat gawul deh ya. Iya dulu gw sempet buat blog banyak juga, tapi isinya tugas2 kuliah gitu.terus lupa pass , lalu,gak keurus lagi deh

Balas
avatar
admin
17 December 2015 at 20:43 ×

duuuh peluk atu-atu, panggilan gue Atu btw hehe. pengalaman pertama pake internet itu waktu kelas 1 SMP tahun 2007. btw kita seangkatan ya? wkwk bener sih, lo parah bgt baru tau internet 2009 wkwk tapi lo hebat bisa berkembang dan nyamain yang lain, buktinya blog lo keren hehe.

Balas
avatar
admin
20 December 2015 at 01:22 ×

Atu mau di peluk atu? Heheheh. Beh, 2007 mah gw masih main upil dijadiin kelereng. Ah biasa aja kok, blog atu juga keren tuh :)

Balas
avatar
admin
28 December 2015 at 09:49 ×

iya bener setuju deh internet bikin update terus sampe tau yang mau boker wkwk. btw gaya bahasanya enak dibaca nih . iya sih aku baru kefikiran juga nih,kalo flashback jaman dulu ga bisa stalkingin mantan yak. kudu ngendap2 gitu wkwk. capek mampus. trus bener tuh jadi keingetan jaman dulu mah susah banget mau connect ke internet. kadang udah setting gprs tetep aja gagal mulu. tapi jaman sekarang bener2 udah mudah semuanya. ya syukur deh berarti negara kita penuh dengan kemajuan .hehe.

Balas
avatar
admin
29 December 2015 at 04:10 ×

Stuju...klo internet skrg sudah hampir mnjadi kebutuhan primer. Tp kt jg gk boleh lupain dunia nyata. Krn duniat nyata lbih nyata dr pd dunia maya...hehheh...

Balas
avatar
admin
29 December 2015 at 04:39 ×

Yoih broh, harus seimbang. :)

Balas
avatar
admin
29 December 2015 at 04:41 ×

Thankyu..thaknyu...Sip sip, sekarang udah mudah kan stalkingnya? Hhihi

Balas
avatar
admin
4 January 2016 at 11:02 ×

Internet memang sangaembantu, terutama sebagai blogger hehee

Balas
avatar
admin
18 January 2016 at 06:37 ×

lah ane baru aktif banget internetan sejak abs lulus sma. duh nyesel deh, padahal literatur di internet banyak bgt. haha.

Balas
avatar
admin
27 January 2016 at 16:25 ×

Yap. Kalau gw emang karena tinggal di hutan makananya telat kenal internet.

Balas
avatar
admin
27 January 2016 at 16:26 ×

Yoi, tanpa internet kita hanyalah sampah2 masayarakat :)

Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar, semoga akan dihitung sebagai amal kebaikan ketika hisab di hari akhir nanti. Apasih. Terserah, tapi sempetin komeng ya kalau bisa :)
© 2015 Lalank Pattrya Mahera. Design by Kiki Dee